Banyak Anak Kecil Idap Diabetes, Kenali 7 Gejalanya

KITAMUDAMEDIA РDiabetes tidak selalu menyerang orang dewasa tapi juga bisa dialami anak-anak. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada tahun 2023, kasus diabetes pada anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI Muhammad Faizi mengatakan, kasus diabetes pada anak bahkan bisa lebih tinggi dari yang sudah tercatat saat ini. Data yang tercatat ini berasal dari 15 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Palembang, hingga Medan. Dari jumlah tersebut, laporan paling banyak berasal dari Jakarta dan Surabaya.

“Jumlah ini meningkat 70 kali dari data di 2010 lalu,” ujar Faizi dalam konferensi pers daring IDAI, Rabu (1/2). 

Meski demikian, Faizi tidak mengungkap berapa data anak diabetes pada 2010 lalu.

Diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang yang lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Jenis diabetes ini merupakan penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin.

Selain itu, diabetes juga ditemukan lebih banyak menyerang anak perempuan (59%) dibandingkan anak laki-laki.

Faizi mencatat pasien diabetes anak umumnya berusia 10-14 tahun. Jumlahnya, sekitar 46 persen dari total angka yang dilaporkan. Sementara anak usia 5-9 persen ditemukan berkontribusi terhadap 31,5 persen dari keseluruhan kasus.

“Anak balita juga ada. Yang usianya 0-4 tahun yang terkena diabetes. Dari catatan kita itu ada sekitar 19 persen,” katanya.

Faizi mengatakan, tingginya angka diabetes anak terjadi akibat gaya hidup yang tak terkendali. Untuk itu, penting agar para orang tua lebih memperhatikan gaya hidup serta pola makan anak.

Gejala diabetes pada anak


Tanda dan gejala diabetes tipe 1 pada anak biasanya berkembang dengan cepat, berikut di antaranya:

  • Meningkatnya rasa haus
  • Sering buang air kecil, mungkin mengompol pada anak yang terlatih menggunakan toilet
  • Rasa lapar yang ekstrim
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja
  • Kelelahan
  • Iritabilitas atau perubahan perilaku
  • Nafas berbau buah

Bisakah pasien diabetes anak sembuh?

Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1 pada anak-anak, tetapi kondisi ini dapat dijaga agar tidak makin parah.

Pasien diabetes anak harus menjalani manajemen gula darah dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup secara teratur.

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply