Waspada, Enam Bulan ke Depan Banjir Rob Bontang Kuala Diprediksi Terjadi Malam

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Bontang Kuala merupakah salah satu wilayah yang kerap terkena banjir rob, per bulan Oktober hingga 6 bulan kedepan banjir rob di Bontang Kuala diprediksi akan terjadi pada malam hari.

Lurah Bontang Kuala Suiza Xian mengatakan, banjir rob per Oktober hingga enam bulan kedepan, akan terjadi di malam hari mengikuti perputaran bulan.

“ 6 bulan kedepan rob akan naik pada malam hari, jadi misal air naik sekitar jam 18.00 wita nanti jam 22.00 wita baru akan surut, dan banjir akan terjadi dua minggu sekali dengan rentang waktu kurang lebih 5 jam,” ucapnya, pada Kamis (5/10/2023).

Ia juga mengatakan, dengan sudah dilakukan normalisasi pada sungai, hal itu membuat volume air tidak terlalu meluap ke permukaan.

“ Semenjak sungainya di lakukan normalisasi, volume air yang meluap tidak terlalu besar, contohnya saja biasanya jika banjir rob air akan meluap hingga ke SD, tapi sekarang sudah tidak,” ucapnya.

Untuk rumah yang berada di atas laut tidak bisa menghindari terjadinya banjir rob, dikarenakan memang mengikuti pasang surut laut, jadi 11 RT yang ada di atas laut pasti akan terdampak banjir rob.

“ Kalau di atas laut ya mau tidak mau pasti terdampak saat banjir rob, karena tidak mungkin kan kita mau keruk laut, dan kebanyakan rumah di atas laut ini bagian dapur yang terendam saat banjir rob,” ucapnya.

Saat disinggung soal peringatan kepada warga saat akan terjadi banjir rob, ia mengatakan, tidak ada himbauan khusus terkait banjir rob, karena sebagian besar masyarakat Bontang Kuala lebih paham kapan banjir rob muncul.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak mengunjungi tempat wisata Bontang Kuala agar tidak berkunjung pada malam hari, dikhawatirkan akan terjebak banjir.

Baca Juga  Lok Tuan Tertinggi Kasus Covid-19, Dinkes Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi Massal

Reporter : Yulia.C
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply