Warga RI Bisa Masuk ke 12 Negara Amerika Ini Tanpa Visa

KITAMUDAMEDIA – Menjelang akhir tahun 2023, sejumlah orang mulai menyusun rencana liburan ke luar negeri. Salah satu destinasi yang dapat menjadi pilihan untuk berlibur adalah Benua Amerika.

Perlu diketahui, sebagian besar negara-negara di Amerika memerlukan visa sebagai syarat perjalanan. Visa adalah dokumen izin yang dikeluarkan oleh negara tujuan untuk seseorang yang akan memasuki suatu negara.

Bagi Anda yang tetap ingin berlibur ke negara-negara di Benua Amerika tetapi khawatir permohonan visa ditolak atau tidak disetujui, jangan khawatir. 

Sebab, ada beberapa negara di Benua Amerika yang tidak memerlukan visa bagi wisatawan asal Indonesia. Negara mana saja? Berikut ulasannya.

Barbados

Barbados resmi menjadi republik termuda di dunia setelah melepaskan diri dari Inggris dan melantik presiden pertama, Dame Sandra Mason pada 29 November 2021. Kampung halaman Rihanna ini adalah salah satu tujuan wisata laut di Karibia yang memukau.

Bagi Anda pecinta ekosistem laut, Barbados adalah pilihan tepat karena memiliki lebih dari 60 pantai yang dibuka untuk umum. Salah satu kegiatan populer di Barbados adalah berenang dengan penyu di Carlisle Bay, Holetown, hingga Pantai Drill Hall.

Jika masa tinggal bebas visa di negara-negara Eropa hanya 30 hari, Anda dapat mengunjungi Barbados tanpa visa dengan masa tinggal 90 hari atau sekitar tiga bulan.

Bermuda

Bermuda adalah negara bebas visa tanpa batas waktu tinggal bagi pemilik paspor Indonesia. Negara yang terletak di Samudra Atlantik Utara ini memiliki tujuh pulau utama dan 170 pulau lainnya.

Posisi yang dekat dengan perairan membuat Bermuda menjadi ‘surga’ bagi para pecinta pantai. Salah satu destinasi terkenal di Bermuda adalah pasir merah muda dan perairan Cerulean yang menakjubkan.

Baca Juga  DPRD Bontang Minta Pemkot Siapkan 5 M untuk Gugat Sidrap ke MK, Sekda : Kaji Dasar Hukum

Selain keindahan dan atraksi alam, Bermuda juga menawarkan berbagai situs bersejarah yang bisa dimasukkan ke dalam daftar wisata para pelancong.

Salah satu situs bersejarah populer di Bermuda adalah Benteng St. Catherine di St. George hasil peninggalan jajahan Inggris. Selain St. Cathering, Bermuda juga memiliki Benteng Scaur di Paroky Sandy dan Benteng Hamilton yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Brasil

Brasil adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang memiliki kota-kota cantik dan wisata alam yang menakjubkan. Negara terbesar ke-5 di dunia ini memiliki lanskap tropis dan subtropis sehingga memiliki keanekaragaman satwa dan hayati.

Bagi para wisatawan, belum afdol berlibur di Brasil jika belum mengunjungi Patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro. Patung setinggi 30 meter yang berdiri megah di puncak Gunung Corcovado ini adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para pelancong.

Bagi wisatawan, ada tiga cara untuk mengunjungi Patung Yesus Sang Penebus, yakni naik taksi sampai ke tempat parkir Paineiras di Gunung Corcovado dan beli tiket masuk ke area patung, naik kereta dan mobil dari kaki Gunung Corcovado ke area patung, dan mendaki dari Parque Lage.

Selain Patung Yesus Sang Penebus, para pelancong juga bisa memilih wisata alam, seperti wilayah Amazon, Pantai Santa Catarina, hingga Air Terjun Iguancu.

Jika ingin berlibur ke Brasil, Anda tidak perlu mengajukan visa alias cukup membeli tiket pesawat dan membawa paspor dengan masa tinggal 30 hari.

Bolivia

Bolivia adalah negara dengan kondisi geografis yang unik karena sepertiga dari wilayahnya terletak di Pegunungan Andes. Selain geografis, Bolivia juga memiliki satwa khas yang unik, yakni Bufeo Bolivia atau lumba-lumba merah muda Sungai Bolivia.

Baca Juga  Pemkot Bontang Gelar Evaluasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender

Selain itu, Bolivia juga memiliki destinasi populer, yakni Danau Titicaca. Danau Titicaca adalah danau tertinggi di dunia dan terbesar kedua di Amerika Selatan dengan ketinggian 3821 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang terletak di perbatasan Peru dan Bolivia.

Jika ingin mengunjungi Bolivia, Anda perlu memiliki Visa on Arrival (VoA) 90 hari. VoA adalah dokumen izin masuk sementara yang diberikan oleh pemerintah negara tujuan untuk warga asing yang akan masuk ke negaranya.

Chile

Chile adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yakni sekitar 6.500 km. Negara yang langsung menghadap ke Samudra Pasifik ini memiliki keindahan alam menakjubkan yang sayang jika tidak dikunjungi.

Salah satu destinasi favorit bagi para pelancong yang mengunjungi Chile adalah Rapa Nui atau Pulau Paskah. Bagi warganet Indonesia, pulau yang ‘dihuni’ 1.000 patung batu ini mungkin sudah tidak asing karena diadopsi menjadi emoji yang populer di media 

sosial.

Pada 1995 silam, UNESCO resmi menobatkan Pulau Paskah sebagai Situs Warisan Dunia. Tidak hanya patung-patung Moai, Pulau Paskah juga memiliki tempat-tempat lain yang menyimpan kisah ajaib, seperti Pu o Hiro atau Terompet Hiro, Desa Batu Orongo, hingga Navel of the World yang dipercaya sebagai titik awal kehidupan di dunia.

Jika ingin berlibur ke Chile, Anda tidak perlu mengajukan visa alias cukup membeli tiket pesawat dan membawa paspor dengan masa tinggal 90 hari.

Selain Barbados, Bermuda, Brasil, Bolivia, dan Chile, ada delapan negara di Benua Amerika lainnya yang dapat dikunjungi tanpa visa. 

Berikut daftarnya.

1. Dominika

Bebas visa 21 hari

2. Ekuador

Bebas visa 90 hari

Baca Juga  Rombongan Kementrian Pertahanan Kunjungi Lokasi IKN

3. Guyana

Bebas visa 30 hari

4. Haiti

Bebas visa 90 hari

5. Kolombia

Bebas visa 90 hari

6. Peru

Bebas visa 180 hari

7. St. Vincent and the Grenadines

Bebas visa 90 hari

8. Saint Kitts and Nevis

Bebas visa 90 hari(cnn)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply