Suka Pendidikan Sedari Kecil, Ini Profil Pemenang Pemuda Pelopor Asal Kaltim

KITAMUDAMEDIA,Samarinda – Yuni Handayani asal Samarinda jadi juara 3 dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023. Penghargaan itu diraihnya di bidang kepeloporan pendidikan.

Ia menerima sejumlah penghargaan, mulai dari Kemenpora RI hingga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Itu karena Yuni sukses mendirikan Yayasan bernama ‘Kaindea Study Center’. Lokasinya di Jalan Anggur, Kecamatan Samarinda Ulu, tak jauh dari rumahnya.

Perempuan kelahiran 24 Agustus 1996 itu memang menyukai dunia pendidikan sedari kecil. Berikut rekam jejak pendidikan yang ditempuh Yuni Handayani.

Yuni kecil bersekolah di SD Negeri 006 Samarinda Ulu. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 7 Samarinda, Jalan HM Kadrie Oening. Di fase ini, ia mulai fokus memperhatikan lingkungan di tempat tinggalnya.

“Di fase itu menjadi motivasi saya, yang berkeinginan melahrikan hal-hal positif. Di lingkungan saya kecil banyak kegiatan negatif, mulai judi hingga remaja mabuk-mabukkan.”

“Lingkungan tak layak anak. Tak jauh dari tempat saya bermain ketika kecil. Saya berniat menciptakan generasi yang baik gar tidak mengikuti jejak tersebut,” ucap Yuni.

Pada 2012 Yuni masuk ke jenjang pendidikan berikutnya di SMA Negeri 5, Jalan Ir Juanda. Lalu pada 2014, ia resmi menjadi mahasiswi jurusan Biologi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul).

Dari perguruan tinggi, pola pikir Yuni kian berkembang. Di fase inilah ia mendirikan ‘Kaindea Study Center’.

Yayasan tersebut memiliki sejumlah institusi pendidikan. Mulai PAUD hingga TK. Keduanya diberi nama Cakrawala Kaki Langit (Cakala).

“Di sana anak-anak tidak hanya sebatas berkumpul dan belajar. Tapi kami fokus pada pendidikan karakter anak,” ucap Yuni. (Redaksi/ADV/Dispora Kaltim)

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Penjaga Pasien Keberatan Bayar Swab, Plt Dirut RSUD: Demi Keamanan Bersama

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply