Sambut IKN, Pemuda Jangan jadi Penonton

KITAMUDAMEDIA, Samarinda – Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menyebutkan, pemuda punya peran penting dalam pembangunan daerah.

Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepemudaan perlu digenjot untuk mempersiapkan diri menghadapi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mau tidak mau, suka tidak suka, pemuda Kaltim menjadi pusat peradaban pemuda,” sebut Rasman, saat ditemui acara Kirab Pemuda di Halaman Parkir Gor Kadrie Oening, Kamis pagi, 26 Oktober 2023.

Dispora Kaltim melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pemuda yang berkualitas. Salah satunya ialah melakukan pelatihan kepemimpinan dan peningkatan fisik.

“Seperti kirab pemuda ini. Ini menjadi bagian upaya kita melatih pemuda dari sisi kepemimpinan dan dari fisik,” jelasnya.

Selain itu, Dispora Kaltim juga melatih soft skill pemuda melalui pelatihan-pelatihan keterampilan di berbagai bidang.

“Jangan sampai dia berkoar-koar dengan para ‘naga’ tapi dia tidak siapkan sebagai pelaku pemuda yang tangguh terhadap zaman,” katanya.

Meskipun begitu, ia mengakui upaya perwujudan tersebut tidak bisa dibebankan sepenuhnya Dispora Kaltim semata. Perlunya kolaborasi lintas sektor.

Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A), serta OPD lainnya yang berkaitan.

“Harus kolaborasi ini. Disinilah pentingnya ada namanya lintas sektoral. Jadi kalau mengurus pemuda itu, jangan hanya Dispora saja yang dibebankan,” tutupnya.(Redaksi/Diapor Kutim)

Editor : Redaksi

Baca Juga  11 Siswa MTs Ciamis Tewas Saat Susur Sungai, Kemenag Akan Evaluasi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply