Dispora Kaltim Apresiasi Capaian Kontingen Benua Etam di BK PON

KITAMUDAMEDIA,Samarinda – Hingga saat ini, Kaltim menempati posisi keempat pada perolehan medali di Babak Kualifikasi PON. Skuat Benua Etam optimis menggapai prestasi gemilang pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang.

Sejak 2008 sampai perhelatan terakhir di Papua 2021 lalu, Benua Etam masih menjadi provinsi terbaik di luar Jawa dan Bali.

Saat ini, beberapa cabor ada yang sudah dan masih akan mengikuti Babak Kualifikasi (BK) PON yang akan berakhir sekitar November nanti. Di BK PON ini, Kaltim tetap mampu memperlihatkan prestasinya, dengan menempati peringkat 4 nasional, peraih medali terbanyak BK PON.

Menanggapi pencapaian tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) memberikan apresiasi positif. Namun, ia mengingatkan, khususnya kepada KONI Kaltim sebagai pihak yang menangani persiapan kontingen Benua Etam, untuk tetap melakuka langkah-langkah evaluasi.

“Karena biasanya hasil pra PON itu tak menjadi tolok ukur saat PON-nya. Ada banyak faktor yang memengaruhi hasil akhir perolehan medali PON,” ujar AHK.

AHK juga mengatakan hal itu menjadi ranah dari Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kaltim, dalam menganalisa dan langkah evaluasinya. Dalam hal ini, Dispora disebut hanya sekadar melakukan monitoring dan supervisi saja, terkait program-program lanjutan persiapan Kaltim menuju PON yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tahun depan.

“Untuk hitung-hitungannya, bisa langsung ke Binpres KONI, karena mereka yang paham. Kami hanya monitoring,” jelas AHK.

Pria yang juga menjabat sebagai salah satu anggota komite eksekutif (Exco) Asprov PSSI Kaltim itu pun berharap capaian di BK PON ini bisa dipertahankan di PON nanti.

“Ya, kalau bisa dipertahankan. Jadi di PON nanti , Kaltim tetap bisa berada di deretan atas peraih medali terbanyak,” tutupnya.(Redaksi/ADV/Dispora Kaltim)

Baca Juga  Perayaan Natal 2021, Basri Rase : Momentum Pererat Tali Persaudaraan, Tidak Terbatasi Perbedaan

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply