Dispora Kaltim Kuatkan Sisi Rohani Pemuda, Gelar Pelatihan Fardu Kifayah

KITAMUDAMEDIA,Samarinda – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar pelatihan Fardu Kifayah. Tujuan dihelatnya kegiatan tersebut, untuk mendorong pemuda dan pemudi menjadi pribadi yang baik serta peduli memperhatikan sisi rohani.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri menerangkan pelatihan perlu dilakukan, agar bisa meningkatkan iman dan takwa pemuda. Sehingga Dispora Kaltim akan secara rutin menyambangi di 10 kabupaten/kota di untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut.

“Kami mengadakan program pelatihan Fardhu Kifayah untuk pemuda agar mereka memahami dasarnya dan siap membantu jika ada orang meninggal di sekitar mereka,” sebut Bahri, kepada salah satu wartawan di Samarinda, belum lama ini.

Bahri menerangkan, pelatihan fardhu kifayah ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di kabupaten/kota se-Kaltim.

Harapannya, melalui pelatihan ini, para pemuda dapat menjadi penerus yang siap membantu dalam pengurusan jenazah di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Bahri berpendapat, saat ini proses fardhu kifayah kebanyakan dilakukan oleh para orang yang sudah ataupun lanjut usia ketika ada warga yang meninggal. Hanya saja Dispora berupaya agar peran ini dapat beralih kepada generasi muda.

“Setidaknya, jika ada keluarga yang mengalami kehilangan, para pemuda ini dapat menjalankan kewajiban fardhu kifayah dengan baik,” jelasnya.

Upaya Dispora Kaltim dalam melibatkan pemuda dalam pelaksanaan fardhu kifayah tidak hanya memberikan pengetahuan agama yang bermanfaat, tetapi juga menciptakan pemuda yang bertanggung jawab dan siap membantu sesama di saat-saat sulit.(Redaksi/AdvDisporaKaltim)

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Mediasi Buntu, Sidang Gugatan Raking Dilanjutkan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply