Ketua Dewan Minta Sosialisasi Wolbachia Dilakukan Dinkes

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Ketua DPRD Andi Faizal Sofyan Hasdam memberikan tanggapan terkait dengan rencana Dinas Kesehatan waktu dekat. Sehubungan penyebaran ember wolbachia di Kecamatan Bontang Barat dan Selatan. Menurutnya sebelum masuk rencana itu maka ada tahapan yang harus dilakukan.

“Saya minta untuk sosialisasi ke masyarakat diperbanyak. Supaya warga tahu mengenai skema wolbachia ini,” terangnya. 

Dengan sosialisasi ini Dinkes juga bisa meluruskan terkait kabar yang beredar tidak benar. Mengingat program penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) ini sangat bagus. Apalagi Bontang menjadi satu dari lima kota yang merupakan perluasan manfaat di tahun ini. 

“Namanya program baru pasti butuh namanya penjelasan,” sebutnya. 

Selain itu, DPRD juga akan memanggil Dinkes dalam waktu dekat. Tujuannya untuk mengetahui lebih detail terkait wolbachia. Saat ini proses penyebaran ember berisi telur wolbacia telah menyasar enam kelurahan di Bontang Utara. 

Pelaksanaan ini sudah dimulai awal Oktober lalu. 

Saat ini sudah masuk dalam penggantian ember ketiga kalinya. Konon di awal Desember mendatang penyabaran juga menyasar Bontang Barat dan Selatan. Kini kader masih dalam persiapan. Diharapkan nantinya jumlah populasi nyamuk wolbachia di atas angka 60 persen. 

Diketahui Yogyakarta sudah menerapkan wolbachia ini sejak 2011. Hasilnya angka kesakitan dapat ditekan hingga 77 persen. Sementara penurunan kasus rawat inap DBD di rumah sakit di angka 86 persen.

Editor : Redaksi 

Baca Juga  Kadis DPMPTSP Asdar Hadir dalam Launching Batik Khas Bontang 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply