Mulai Berkantor di IKN Juli, Jokowi : Tunggu Tol Selesai

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Presiden Joko Widodo menyatakan bakal mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli tahun ini. Kepala negara akan berkantor di IKN setelah infrastruktur pendukung transportasi di IKN selesai dibangun.  

“Juli (nanti). Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi (berkantor di sini),” kata Presiden Jokowi, dalam keterangan pers, dikutip Jumat (1/3).

Dalam kunjungannya ke IKN pada Kamis kemarin, Jokowi mengecek langsung lapangan upacara berikut Istana Presiden di Kawasan IKN. Peninjauan itu dilakukan antara lain untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Menurut Jokowi, hingga saat ini tidak ada masalah berarti yang berkaitan dengan pembangunan fisik infrastruktur tersebut di IKN. Tak hanya itu, Presiden juga memastikan bahwa acara tersebut sudah dirancang secara detail.

“Enggak ada masalah. Fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara juga sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetail itu sudah di bulan Januari sudah hampir final,” kata Presiden

Terkait pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa pemindahan akan dilakukan secara bertahap seiring dengan penyiapan fasilitas pendukung bagi ASN. 

“Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan,” jelasnya.

Minat Investasi ke IKN  Jokowi menyebut minat investasi di Kawasan IKN terbilang tinggi. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur seperti gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tiga bank pemerintah, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk. 

Baca Juga  RUU KIA: Suami Berhak Cuti Dampingi Istri Melahirkan 40 Hari, Jika Keguguran 7 Hari

“Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk,” kata dia.

Presiden turut menyampaikan optimismenya bahwa IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan. “Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita,” imbuhnya.(Katadata.co) 

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply