Tips Mudik Aman dan Nyaman Selama Lebaran

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Lebaran identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Dengan mudik, masyarakat memanfaatkan libur panjang saat Lebaran atau Idulfitri untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Sebelum menempuh perjalanan panjang untuk mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips mudik lebaran yang aman dan nyaman:

1. Pastikan kondisi rumah aman sebelum ditinggal mudik

Saat mudik, rumah akan ditinggal dalam keadaan kosong untuk waktu lama. Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan rumah dalam keadaan benar-benar aman.

Cabut semua kabel aliran listrik, regulator gas, serta aliran air. Jangan lupa mengunci semua pintu, jendela, dan pagar rumah. Jika perlu, informasikan kepada tetangga yang tidak mudik, ketua RT, serta petugas keamanan setempat bahwa rumah akan berada dalam keadaan kosong.

2. Pasang CCTV untuk sistem keamanan ekstra

Untuk bisa tetap memantau kondisi rumah saat mudik, tak ada salahnya menambahkan sistem keamanan lain dengan memasang kamera CCTV di beberapa titik rumah. Kini, kamera CCTV sudah bisa diakses secara online dan real-time melalui ponsel.

3. Pastikan kondisi tubuh sehat

Setelah memastikan keamanan rumah, penting juga untuk memastikan kondisi tubuh sehat untuk dapat menempuh perjalanan jauh. Mulailah dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan, serta mengkonsumsi suplemen kesehatan tambahan jika perlu.

4. Bawa obat-obatan darurat

Penting juga untuk membawa obat-obatan darurat selama mudik Lebaran. Selain itu, selalu bekali diri dengan vitamin dan P3K, apalagi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.

5. Siapkan perbekalan selama perjalanan

Selain obat-obatan, perlu juga untuk menyiapkan perbekalan selama perjalanan mudik. Siapkan makanan, minuman, dan camilan yang bisa dikonsumsi selama di perjalanan.

Baca Juga  BREAKING NEWS : Pelaku Pembunuhan Perempuan di Kamar Hotel Ditangkap di Kukar

6. Periksa semua kesiapan kendaraan

Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka penting untuk memeriksa kesiapan kendaraan. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jauh dengan melakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, dan lainnya.

Jika perlu, bawa mobil atau motor ke bengkel untuk dicek secara profesional. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan lain, seperti dongkrak, obeng, tang, ban serep, dan sejenisnya.

7. Beli tiket perjalanan jauh-jauh hari

Bagi yang berencana mudik menggunakan moda transportasi umum, seperti pesawat atau kereta api, sebaiknya cari tiket perjalanan jauh-jauh hari. Tips mudik aman dan nyaman ini dilakukan untuk menghindari potensi kehabisan tiket dan menghindari kenaikan harga tiket saat mendekati Lebaran.(Liputan6) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply