4 Fakta Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23, Kans ke Olimpiade

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Timnas U23 Indonesia bakal menjalani laga yang menentukan pada ajang Piala Asia U23 2024. 

Marselino Ferdinan dkk akan berhadapan dengan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Andai dapat mengalahkan Uzbekistan, Indonesia berkesempatan menorehkan tinta emas sebagai tim debutan di Piala Asia U23 2024, tidak hanya berpeluang membawa pulang gelar juara, tetapi juga berkesempatan meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. 

Seperti diketahui, hanya ada tiga tim yang bakal meraih tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024 sebagai wakil Asia.

Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong tidak akan melewatkan begitu saja kesempatan membawa timnya lolos ke Olimpiade. 

Kemenangan atas Australia dan Korea Selatan bakal menjadi motivasi bagi timnas U23 Indonesia bahwa tidak ada yang tidak mungkin meski Uzbekistan lebih diunggulkan. Berikut ini Kompas.com telah merangkum empat fakta jelang laga semifinal Piala Asia U23 2024, Indonesia vs Uzbekistan :

1. Timnas U23 Indonesia Dikepung Juara Timnas U23 Indonesia menjadi tim debutan di babak semifinal Piala Asia U23 2024 karena tiga tim lainnya, yakni Uzbekistan, Jepang, dan Irak mempunyai rekam jejak sebagai juara. 

Irak keluar menjadi juara edisi perdana Piala Asia U23 pada 2013 lalu. Kemudian, Jepang menyusul jejak Irak menjadi juara pada 2016.

Tim yang bakal menjadi lawan Indonesia di babak semifinal ini, Uzbekistan juga pernah keluar sebagai juara pada 2018 lalu, mengalahkan rival Indonesia di Asia Tenggara, yakni Vietnam.

2. Selalu Ada Juara Berbeda dalam Setiap Edisi Keunikan lain di ajang Piala Asia U23, setiap edisi selalu mengalami pergantian tim yang menjadi juara. Sejauh ini, tidak ada tim yang berhasil melakukan back to back gelar juara. 

Baca Juga  PDAM Pastikan Subsidi Air Bersih tak Diperpanjang

Juara bertahan edisi 2022 lalu, Arab Saudi, bahkan harus kandas oleh Uzbekistan di babak 8 besar lalu.

Hal ini tentu membuka kans timnas U23 Indonesia untuk melanjutkan kejutannya hingga keluar sebagai juara.

3. Pekerjaan Rumah Timnas U23 Indonesia Jebol Gawang Uzbekistan Timnas U23 Indonesia memiliki pekerjaan yang tidak mudah jelang bentrok melawan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U23 2024 ini. Hingga saat ini gawangnya belum sekalipun berhasil dibobol oleh lawan-lawannya.

Tentu menjadi tugas yang tidak mudah bagi barisan penyerang Indonesia seperti Ramadhan Sananta hingga Witan Sulaeman untuk menjebol gawang timnas berjuluk Serigala Putih tersebut.

4. Timnas U23 Indonesia Kalah Catatan Head to Head Indonesia memiliki catatan minor kala bersua Uzbekistan. Dari enam kali catatan pertemuan kedua tim baik di kelompok umur maupun di level senior, Indonesia hanya mampu tiga kali menahan imbang. 

Tiga laga lainnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan. Pertemuan kedua tim di babak semifinal Piala Asia U23 2024 ini akan menjadi kesempatan bagi timnas U23 Indonesia memperbaiki rekor buruk tersebut.(Kompas.com) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply