Basri-Dhinin Dapat 16.010 Pendukung, Resmi Daftar ke KPU Jalur Independen

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Duet pasangan Basri Rase dan Chusnul Dhihin akhirnya mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Bontang 2024. Basri memilih untuk menempuh jalur perseorangan, ketimbang melalui partai politik meski ia memegang posisi kuat di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bontang, sebagai ketua.

Sempat menyatakan bakal lanjut dengan pasangan sebelumnya, petahana ini justru pecah kongsi. Ia menujuk seorang pengusaha kuliner ternama di Kota Taman untuk mendampinginya.

Kendati demikian, Ketua KPU Bontang Muzzaroby Renfly melalui rilisnya yang diterima redaksi mengatakan sudah menerima berkas pencalonan Basri-Dhihin. Status penerimaan dukungan untuk maju jalur independen memenuhi syarat. Basri-Dhihin kumpulkan 16.010 (enam belas ribu sepuluh) dukungan. Rinciannya, 6.791 pendukung di Bontang Utara, 7.869 di Bontang Selatan, dan 1.350 dukungan di Bontang Barat.

“Pasangan calon perseorangan Basri Rase-Chusnul Dhihin memenuhi syarat dukungan minimal yakni 13.160 dukungan. Sementara yang dikumpulkan ada 16.010 dukungan,” paparnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan pemenuhan syarat sebaran dukungan, syarat minimal berdasarkan keputusan KPU harus tersebar di 2 kecamatan. Sedangkan pendukung pasangan Basri-Dhihin mencakup di seluruh kecamatan Kota Bontang. Mulai dari utara, selatan dan barat.

“Kesimpulannya, syarat jumlah maupun sebaran semuanya memenuhi syarat yang ditetapkan KPU,” pungkasnya.(*)

Penulis : Yulia C
Editor : Nur Aisyah Nawir

Baca Juga  Ikut Seleksi, Neni Ambil Formulir Pencalonan Wali Kota di Nasdem

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply