Bawaslu Bontang Segera Seleksi Panwascam, Terapkan Tes Online Bagi Pendaftar

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jelang Pilkada 2020 bakal dilakukan dalam waktu dekat. Tahapan ini dibuka seluas-luasnya oleh Bawaslu Kota Bontang. 

Perekrutan akan mulai dibuka pada November 2019 ini, dan Panwascam terpilih rencananya akan dilantik pada pertengahan Desember mendatang. 

“Setelah Petunjuk Teknis (Juknis) keluar, pendaftaran langsung dibuka,” kata Ketua Bawaslu Bontang Nasrullah saat ditemui di Kantornya, Senin (4/11/2019). 

Menariknya, pada perekrutan Panwascam kali ini, pendaftar nantinya akan mengikuti tes secara online. Tes tersebut menggunakan aplikasi. Tes online juga dilakukan sebagai pembaharuan di era digital.

“Kita sudah lakukan simulasi ke staf. Tes online ini diharapkan bisa menjadikan penilaian lebih objektif dan transparan,” ujarnya. 

Bawaslu membutuhkan 9 orang Panwascam, setiap kecamatan akan ditempatkan 3 orang pengawas. Persyaratan untuk menjadi Panwascam minimal berusia 25 tahun. Sementara persyaratan lainnya, calon Pengawas Kecamatan harus memiliki pengetahuan kepemiluan dan pengawasan. 

“Pendaftaran dibuka untuk siapa saja, kan semakin banyak pilihan semakin bagus,” tambahnya. 

Selain Pengawas Kecamatan, Bawaslu Bontang juga berencana membuka pendaftaran bagi Pengawas di tingkat kelurahan. Pengawas Kelurahan yang dibutuhkan sebanyak 15 orang, masing-masing 1 pengawas untuk 1 kelurahan. (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by