Sopir Travel Diminta Sediakan Disinfektan Dalam Mobil

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Para sopir travel di Bontang diminta menyediakan cairan disinfektan di dalam mobil, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 atau corona, sebab sampai saat ini mereka masih operasional antar jemput penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bontang Kamilan menyebut pekerjaan mereka sebagai sopir travel rentan jadi pembawa Covid-19 masuk ke Bontang.

“Kita minta mereka menyediakan secara mandiri disinfektannya,” ujarnya.

Menurutnya, bahan-bahan untuk membuat cairan pembunuh bakteri dan virus itu mudah ditemui. Kamilan mengatakan, para sopir cukup merogoh kocek sekira Rp 40 ribu untuk membuat disinfektan.

“Bisa dipakai berbulan-bulan untuk satu mobil. Cairan 1 liter bisa dicampur air sampai 10 liter,” katanya.

Ia meminta para sopir travel selalu mensterilkan kendaraan, dan wajib menyemprot cairan disinfektan jika membawa penumpang.

“Jangan segan-segan semprot penumpang. Siapa tahu mereka datang bawa virus,” ujarnya.

Sebelumnya, sebagai bentuk upaya mitigasi penyebaran virus corona sebagian pemerintah daerah berinisiatif untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tugu selamat datang Bontang, Selasa (24/3/2020).

Selain melakukan penyemprotan terhadap kendaraan yang berasal dari luar daerah, petugas juga melakukan cek suhu tubuh penumpang.

“Kita lakukan pencegahan. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati,” ujar Kepala Dishub Bontang, Kamilan.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply