Lakukan Monitoring, DKP3 Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Selama Ramadhan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Stok bahan pangan jelang ramadhan dipastikan tercukupi. Hal itu diketahui saat dilakukan monitoring oleh DKP3, Diskop-UKMP, dan instansi terkait lainnya di pasar sementara Rawa Indah, Rabu (15/4/2020).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, Debora Kristiani menyebut stok bahan pangan selama satu bulan kedepan dipastikan aman.

“Kalau untuk beras cukup lah sebulan kedepan,” katanya.

Bahan pangan tetap dapat dikirim ke Bontang, mengingat bahan pangan yang diambil dari Surabaya dan Sulawesi Selatan masuk ke Kota Taman melalui jalur laut, namun menggunakan kapal khusus barang.

“Kapalnya datang per dua minggu sekali. Tergantung kebutuhan, biasanya 2 ton sekali datang,” ujarnya.

DKP3 ditambahkan Debora menangani dan mengawasi 13 bahan pokok yang masuk ke Bontang, diantaranya beras, gula, minyak goreng, kacang tanah, jagung pipil, kedelai, bawang merah, cabai rawit, cabai besar, daging ayam, daging sapi, telur. dan bawang putih.

“Dari 13 komoditi yang kami monitoring, harga dan stoknya aman dan stabil, hanya beberapa yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan, ada juga yang harganya turun,” pungkasnya.

Diketahui, harga gula masih tinggi, berada di kisaran Rp 19 ribu per kilogram. Sementara bawang merah yang sebelumnya Rp 35 ribu sekilo kini turun menjadi Rp 33 ribu perkilonya. Begitu pun dengan bawang putih yang sebelumnya Rp 55 ribu turun menjadi Rp 45 ribu perkilo. Adapun harga cabai rawit juga ikut turun. Dari harga 45 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilo.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Antrian SPBU Padat, DPRD Kutim Soroti Antrian BBM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply