Area Isolasi di Hotel Grand Mutiara Dijaga Ketat, Warga yang Dikarantina Dapat Makan 3x Sehari

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Area isolasi terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, di Hotel Grand Mutiara ex Oak tree dijaga ketat oleh petugas gabungan.

Senin pagi (20/4/2020) saat tim redaksi kitamudamedia.com mengunjungi lokasi karantina tersebut, nampak sepi. Hanya tampak petugas yang berjaga di depan pintu masuk hotel.

Petugas gabungan terdiri dari 4 tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 1 orang Satpol PP, 1 TNI, dan 2 Tim medis dari Dinas Kesehatan. Sementara khusus kepolisian, ikut berjaga pada malam hari.

Menurut salah satu anggota BPBD, Dedik, penjagaan dibagi menjadi 3 shift. Setiap 8 jam, mereka bertukar tugas. “24 jam dijaga, setiap 8 jam gantian,” ujarnya.

Diketahui, 11 orang dikarantina di Hotel Grand Mutiara. Seluruhnya merupakan hasil tracing klaster Gowa, dengan hasil rapid test negatif, hampir semuanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Selama karantina, mereka diberi fasilitas kamar, makan 3 kali sehari, hingga wifi. Namun, mereka tidak diperkenankan melakukan kontak dengan siapapun, termasuk keluarga.

“Cuma sampai di depan sini aja mbak, gak boleh masuk. Tadi ada yang antar makanan aja, dititip ke kami, nah nanti yang kasih tim medis lengkap pakai APD,” ujarnya.

Sementara, Nila salah satu admin Hotel Grand Mutiara yang ditemui di pos depan hotel mengatakan, tidak mengetahui pasti jumlah kamar yang disiapkan maupun yang berhubungan langsung dengan proses karantina oleh Pemerintah Kota Bontang terhadap belasan warga yang memiliki kontak erat dengan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami gak tahu, kalau soal isolasi ini urusan manajemen. Yang jelas memang hotel sudah tidak beroperasi dari 1 April karena corona,” katanya.

Hotel Grand Mutiara ex Oak Tree kini dijadikan sebagai lokasi isolasi mandiri bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Hal tersebut sebagai upaya preventif atau pencegahan.

Baca Juga  Belasan Wartawan Bontang Ikuti Uji Kompetensi, Jurnalis KMM Turut Serta

Sebelumnya, pemerintah berencana menjadikan Rusunawa Guntung sebagai tempat isolasi jika terjadi outbreak, namun kemudian dialihkan ke Hotel Grand Mutiara. Karantina tersebut sudah mulai dilakukan sejak Minggu (19/4/2020).

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply