Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Berjaga 16 Jam Per Hari di Tugu, Petugas Minta Tambahan Extra Fooding & Insentif Cair

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Lokasi Tugu Selamat datang menjadi pintu gerbang akses keluar masuk masyarakat baik warga Bontang maupun dari luar daerah.

Petugas berjaga 16 jam per hari. Mulai pukul 8 pagi hingga 12 malam. Petugas jaga terdiri dari gabungan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Polres, Polisi Militer (PM) dan TNI.

Dijelaskan Seksi Angkutan, Dishub Bontang Welly Sakius, jam kerja dibagi menjadi 4 shift. Per shift, petugas disiagakan selama 4 jam, secara bergantian. Setiap shift dijaga 8 petugas Dishub, 2 orang Polisi, 1 orang PM dan 1 orang TNI. Sementara untuk tenaga Dinas Kesehatan sejak 8 Juni 2020, absen.

“Dishub nambah petugas, jadi totalnya 66 orang, bertugas secara bergantian setiap hari. Petugas Dinkes sudah tidak ada dari Rabu (8/6) lalu. Sebelumnya waktu masih ada dari Dinkes Dishub hanya 7 orang, nah ini ditambah 1 orang, jadi 8,” katanya.

Setiap pengendara wajib mengikuti protokol kesehatan yakni pengecekan suhu tubuh. Bagi mereka yang datang dari luar daerah, wajib didata dan melapor ke Public Service Center (PSC).

Sabtu (20/6/2020) pagi hingga sore hari tercatat 59 orang dari luar daerah yang masuk ke Bontang. Baik mereka yang ber-KTP Bontang dan baru pulang dari luar kota, maupun bukan warga Bontang yang masuk ke Kota Taman. Kebanyakan, datang dari Samarinda sebanyak 39 orang, Kutim 9 orang, Balikpapan 8 orang, 2 mahasiswa dari Surabaya, dan 1 orang dari Padang, Sumatera Barat.

Mereka yang berasal dari luar pulau, wajib menyertakan hasil rapid test kepada petugas, jika negatif, baru diperkenankan masuk ke Bontang.

Fisik dan imunitas yang kuat dibutuhkan para petugas lapangan selama pandemi Covid-19. Salah seorang petugas, Bilhogen berharap agar ia dan rekan-rekannya yang berjaga di Tugu, diberikan tambahan extra fooding maupun vitamin secara rutin per hari, mengingat setiap harinya bertugas nonstop memeriksa ratusan pengendara.

Baca Juga  Pizza Hut Launching, Masyarakat Ramai Buru Paket Promo

Menurutnya selama ini, pihaknya baru menerima logistik pada tahap pertama saja yakni extra fooding berupa susu, dan vitamin. Sementara selebihnya, belum ada. Selain itu, Bilhogen juga berharap pencairan insentif tahap kedua bisa secepatnya.

“Ya semoga insentif tahap kedua bisa segera cair. Kita juga harap ada lah bantuan susu sama vitamin setiap kita bertugas biar imun kita meningkat. Sama bantuan masker juga,” harapnya.

Dikonfirmasi terpisah, perihal absennya petugas kesehatan di Tugu sejak dua minggu lalu. Ketua Tim Gugus Covid-19 sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang, Aji Erlynawati menyebut, petugas dari Dinas Kesehatan, disiagakan untuk menangani yang lebih urgen atau mendesak.

“Bukan menarik diri, kan banyak tugas yang lain itu, lagian kan di penjagaan di Tugu cuma pengecekan suhu tubuh dan pendataan. Nanti kalau memang ada hal yang lebih urgent, untuk disampaikan ke PSC langsung,” jelasnya.

Tentang insentif, dikatakan Sekda akan segera cair. Begitu pun dengan extra fooding, menurut Sekda telah diberikan.

“Kalau masalah insentif sudah dipreview, semoga segera cair lah dalam waktu dekat. Extra fooding kan sudah dikasih juga,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply