Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Kaki Terasa Seperti Terbakar Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi

KITAMUDAMEDIA – Apakah Anda sering merasakan sensasi terbakar di kaki? Jangan anggap remeh karena rasa terbakar di telapak kaki bisa disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi di dalam tubuh alias asam urat (gout). Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi. Gejala lain adalah nyeri sendi tak tertahankan.

Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. Ketika protein bernama purin meningkat dalam tubuh, itu menyebabkan peningkatan asam urat. Protein itu dibuat oleh tubuh kita sendiri dan juga ada di beberapa jenis makanan. Ketika kadar asam urat menjadi terlalu tinggi, ginjal sulit untuk menyaringnya dari darah kita, yang dapat menyebabkan penumpukan racun dalam darah.


Untuk mencegahnya, lakukan hal berikut ini:

  1. Batasi makanan non-vegetarian Menurut pakar kesehatan, orang yang mengonsumsi makanan non-vegetarian lebih berisiko asam urat tinggi. Makanan laut dan daging merah harus dihindari secara khusus jika seseorang menderita masalah tersebut. Konsultasikan dengan dokter makanan apa yang harus dihindari dan penggantinya agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.
  2. Kurangi terlalu banyak protein Orang yang menderita asam urat tinggi biasanya memiliki pola makan terlalu banyak protein. Tubuh memang tidak boleh kekurangan protein, tapi batasi jenis makanan dengan kadar purin tinggi seperti seafood (tuna, kerang, dan ikan sardin). Walau begitu, konsumsi ikan memberi lebih banyak manfaat ketimbang bahaya, jadi batasi saja konsumsinya.
  3. Kurangi berat badan Kegemukan akan meningkatkan risiko penyakit asam urat. Penelitian menyebutkan, menurunkan berat badan dengan membatasi asupan kalori (bahkan tanpa perlu pantang makanan mengandung purin) dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa nyeri sendi.
  4. Minum air putih yang cukup Sangat penting bagi orang yang menderita asam urat tinggi untuk tetap terhidrasi. Usahakan minum setidaknya dua-tiga liter air setiap hari. (kompas)
Baca Juga  Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Anemia

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply