Buaya yang Serang Bocah di Kampung Mandar Loktuan Dievakuasi

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Keberadaan buaya di sejumlah wilayah pesisir Loktuan Bontang Utara cukup mengkhawatirkan. Sepekan yang lalu, seorang bocah 14 tahun menjadi korban serangan hewan predator hingga mengalami luka serius dan harus dirawat di rumah sakit.

Jumat (25/9/2020) sekira pukul 00.05 Wita, buaya yang kerap berkeliaran di RT 24 Kampung Mandar Loktuan akhirnya berhasil ditangkap.

Evakuasi dilakukan oleh tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim bersama Balai Taman Nasional Kutai (TNK), dibantu oleh Bhabinkamtibmas Loktuan, dan sejumlah warga.

Buaya tersebut berukuran 2,8 meter. Penangkapan dilakukan oleh dua orang petugas BKSDA. Mereka melakukan pencarian di muara, yang jaraknya berkisar 500 sampai 700 meter dari daratan. Tiga jam berkeliling sejak pukul 21.00 Wita, menggunakan perahu milik warga berukuran 1×4 meter, tim BKSDA akhirnya berhasil menangkap buaya tersebut.

Bhabinkamtibmas Loktuan Aipda Ahmad Bajuri meyakini buaya tersebut, merupakan buaya yang menyerang An (14) saat berenang bersama rekan-rekannya.

“Waktu kejadian ada gigi buaya yang nancap di paha korban, nah tadi waktu evakuasi dilihat ada yang hilang giginya, makanya kemungkinan besar ini memang buaya yang kemarin menyerang anak kecil disini,” ujarnya kepada redaksi kitamudamedia.com.

Rencananya, buaya itu akan direlokasi ke tempat yang jauh dari pemukiman. Kendati sudah ditangkap, namun Bajuri mengimbau masyarakat tetap waspada, mengingat diperkirakan masih ada beberapa buaya yang berkeliaran di perairan Loktuan.

“Tetap hati-hati kalau beraktivitas di wilayah pesisir, kalau bisa jangan berenang dulu, jangan sampai ada korban lagi,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply