Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

9 Oktober, Selamat Hari Pos Dunia

KITAMUDAMEDIA – Setiap tanggal 9 Oktober, masyarakat global memperingati Hari Pos Dunia. Sebagaimana diketahui, saat komunikasi digital belum memasuki kehidupan masyarakat, mengirim surat dengan pos adalah pilihan yang dilakukan saat ingin berkabar. Tak mengherankan pos mendapat tempat tersendiri hingga berbagai negara merayakan Hari Pos Dunia dengan beragam cara.

Bahkan, beberapa negara memperingatinya sebagai hari libur kerja. Mengutip United Nations, peringatan 9 Oktober sebagai Hari Pos Dunia, ditetapkan Universal Postal Union (UPU) dalam sebuah kongres yang diadakan di Tokyo, Jepang, pada tahun 1969. Penetapan ini dilakukan karena 9 Oktober merupakan hari pembentukan UPU pada tahun 1874 di Bern, Swiss.

Universal Postal Union sendiri merupakan organisasi internasional tertua di dunia yang bahkan menjadi badan khusus di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 1 Juli 1948. Sedikitnya ada 150 negara yang tergabung dalam UPU. Indonesia menjadi anggota UPU sejak 1 Mei 1877. Adapun, tujuan peringatan Hari Pos Dunia adalah untuk menciptakan kesadaran mengenai peran sektor pos dalam kehidupan sehari-hari masyarakat bisnis, serta pembangunan sosial dan ekonomi sebuah negara. Saat ini, setidaknya ada lebih dari 650.000 kantor dan 5,3 juta staf pos di seluruh dunia.

Saat Covid-19 menyebar, layanan pos di seluruh dunia tetap terus bergerak memperkenalkan berbagai cara baru dan efektif menyesuaikan situasi pandemi. “Kita semua perlu mengakui pengorbanan luar biasa yang dilakukan oleh operator pos dan staf mereka selama pandemi global COVID-19. Dianggap sebagai staf penting saat pandemi mengamuk di seluruh dunia, para pekerja pos ini bekerja keras untuk mengirimkan surat,” kata Direktur Jenderal Perhimpunan Pos Sedunia, Bishar Hussein, dalam pesannya pada Hari Pos Dunia dikutip dari NDTV.

Ia mengatakan pos telah sejak dahulu menghadapi beragam kondisi seperti perang, bencana alam dan wabah penyakit. “Kami selalu melakukannya. Tahun 2020, bagaimana pun, adalah tahun di mana industri pos menunjukkan kepada dunia ketahanannya, tekadnya, dan perannya yang tak ternilai kepada masyarakat.

Baca Juga  Bangun Folder dan Tempat Wisata, Alternatif Penggunaan Waduk Kanaan

Kami menunjukkan bahwa kami lebih dari sekadar surat,” ujar Bishar. Layanan pos di seluruh dunia ikut memainkan peran menjangkau orang-orang di tengah situasi pandemi virus corona. Seperti untuk pengiriman obat-obatan maupun peralatan pelindung ke berbagai wilayah hingga pelosok terpencil. Hari Pos Dunia adalah kesempatan memberi penghormatan kepada operator pos, pekerja pos, dan semua orang yang terlibat dalam pengiriman surat. (Kompas)

Editor : Redaksi


Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply