15 Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Perkembangan Otak

KITAMUDAMEDIA – Ikan merupakan sumber makanan yang sangat banyak mengandung nutrisi penting. Bahkan di dalam ikan, terkandung berbagai lemak seperti omega-3 yang dibutuhkan dan baik untuk tubuh. Jadi tidak heran, jika banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan yang baik adalah ikan bawal. Ada banyak manfaat ikan bawal yang tidak kalah dengan ikan lain seperti tuna, salmon, atau ikan lainnya. Bahkan manfaat ikan bawal sangat beragam dan sayang jika dilewatkan.

Nah, agar tidak semakin pensaran dengan apa saja manfaat ikan bawal tersebut, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat ikan bawal terutama bagi kesehatan tubuh, Selasa (27/10/2020).

Manfaat Ikan Bawal

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat ikan bawal yang pertama dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. manfaat ini menjadi penting, terutama saat usia semakin beranjak dewasa. Sebab semakin dewasa, maka penumpukan kolesterol akibat lemak jahat yang berasal dari makanan akan semakin banyak.

Ikan bawal dapat memberi manfaat tersebut karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang memang dipercaya mampu mengatasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan, berdasar penelitian yang dilakukan Japan Food Research Laboratories, kandungan omega-3 pada ikan bawal Jepang sangat tinggi.

Pada setiap 100 g daging ikan bawal mengandung sekitar 2,56 g asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA. Bahkan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan ikan salmon yang hanya mengandung 2 g asam lemak omega-3 per 100 g.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kemudian, manfaat ikan bawal bagi tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang sempat disinggung pada poin sebelumnya. Adanya kandungan asam omega-3 tersebut, juga mampu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung.

Baca Juga  Membedakan Gejala Pilek, Flu dan Covid-19

3. Mencegah Stroke

Selain itu, dengan kandungan omega-3 di dalamnya, juga berguna dalam mencegah stroke. Di dalam ikan bawa, terkandung zat yang mampu menurunkan emulsi stroke hingga 21% dan menurunkan keparahan stroke 50%.

Selain itu, mengonsumsi berbagai jenis ikan, salah satunya ikan bawal, bisa meningkatkan fungsi otak dan menurunkan peradangan syaraf. Hal ini sejalan dengan hasil kongres ISSFAL (International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids), yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan seperti jenis ikan bawal bisa meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan syaraf. Bahkan jika mengonsumsi ikan dua sampai empat porsi sehari mampu menurunkan risiko stroke.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan bawal juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Mengapa bisa begitu? Sebab kulit membutuhkan vitamin D agar terjaga kesehatannya. Sedangkan bawal mengandung vitamin D yang dibutuhkan kulit tersebut. Selain itu, adanya jenis vitamin D2 dan D3 dalam ikan bawal, bisa mengurangi risiko penyakit kulit seperti psoriasis.

5. Mencegah Anemia

Daging ikan bawal memiliki kandungan zat besi sebesar 2 mg. Fungsi zat besi sendiri yaitu membantu perombakan dan pembentukan hemoglobin. Hb (hemoglobin) tersebut yang akan menjadi penentu normal atau tidaknya sel darah merah, yang penting dalam mencegah anemia.

6. Bantu Tumbuh Kembang Anak

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang baik di dalam ikan bawal, maka tidak heran jika sangat berguna bagi proses tumbuh kembang anak. Kandungan seperti vitamin D di dalam ikan bawal berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu pertumbuhan tulang

7. Mengobati Osteomalacia

Penyakit osteomalacia adalah penyakit yang menyerang tubuh manusia, karena tidak normalnya fungsi jaringan saat proses pembentukan mineral pada tulang. Hal ini berakibat pada tulang yang jadi lemah dan mudah patah. Maka dari itu, dengan mengonsumsi ikan bawal dipercaya mampu mengobati penyakit tersebut.

Baca Juga  Ciri-ciri Batuk Kering dan Cara Mengobatinya

8. Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Manfaat ikan bawal selanjutnya, mampu menjaga sistem daya tahan tubuh. Sebab di dalam daging ikan bawal terdapat senyawa kalsitriol dari vitamin D yang berfungsi sebagai sistem immune modulator. Adanya senyawa tersebut, sangat penting untuk mencegah dari serangan virus penyebab flu, demam, batuk, pilek maupun sakit kepala.

9. Mencegah Rakhitis

Rakhitis juga merupakan jenis penyakit tulang yang menyerang anak-anak. Penyebabnya karena kurang asupan vitamin D dan mineral tulang, sehingga perkembangan tulang terganggu. Itulah mengapa, tulang yang dihasilkan lunak dan tidak kokoh. Konsumsi ikan bawal akan menjadi solusi yang tepat. Sebab, ikan bawal mengandung vitamin D.

10. Mengurangi Depresi

Konsumsi ikan bawal setiap hari mampu mengurangi resiko depresi. Penyebab depresi antara lain rendahnya asam lemak omega-3. Sehingga dengan mengonsumsi ikan bawal setiap hari, gizi asam lemak tersebut selalu terpenuhi.

11. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Mengonsumsi ikan bawal secara teratur sangat berguna untuk menekan risiko terkena kanker payudara. Sebab, ikan bawal bisa mencegah adanya penggandaan sel kanker di dalam tubuh.

12. Menurunkan Risiko Demensia

Sebenarnya tidak hanya dengan mengonsumsi ikan bawal, sebab hampir seluruh jenis ikan bisa menurunkan risiko penyakit demensia. Penyakit demensia sendiri merupakan jenis penyakit yang menyerang memori atau media penyimpanan karena mengalami degradasi sel otak. Biasanya, penderita penyakit ini akan mengalami kondisi lupa yang parah.

Dengan kandungan omega-3 di dalam ikan bawal, maka akan membantu menstimulus jaringan sel otak dan membantu kinerja sel otak agar lebih maksimal.

13. Meningkatkan Pertumbuhan Otak Anak

Dengan kandungan DHA dan EPA dalam ikan bawal, memiliki respon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak. Itulah mengapa, anak-anak sangat tepat diberi asupan berupa ikan bawal atau jenis ikan lainnya secara teratur.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu?

14. Perbaiki Serat Otot yang Rusak

Manfaat ikan bawal juga berasal dari kandungan proteinnya. Otot tubuh perlu asupan protein agar dapat pulih dari aktivitas berat yang mungkin merusak serat, seperti kegiatan angkat beban di gym. Kegiatan tersebut memang bertujuan untuk meningkatkan massa otot dengan merusak seratnya terlebih dahulu. Agar perkembangan otot maksimal, maka perlu diberi asupan protein. Itulah mengapa ikan bawal menjadi salah satu jenis protein yang tepat serta rendah kolesterol.

15. Menurunkan Berat Badan

Ikan bawal memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Selain itu, ikan bawal juga rendah kalori dan lemak jahat. Itulah mengapa, jika sedang dalam program diet penurunan berat badan, bisa mengonsumsi bawal sebagai lauk utama. Namun perhatikan cara memasaknya, ya. Jangan digoreng atau menggunakan bumbu yang bisa memberi tambahan kalori.

Sayangnya, meski ada berbagai manfaat ikan bawal seperti yang dibahas di atas, namun ikan ini cenderung memiliki banyak duri halus yang perlu diwaspadai ketika dikonsumsi. Selain itu, agar manfaat ikan bawal ini dapat dirasakan dengan maksimal, maka perlu untuk memperhatikan cara pengolahannya dengan benar. (Liputan 6)

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply