Kapal Penumpang Diusulkan Buka Awal Tahun, Tim Gugus Covid-19 Minta Dipertimbangkan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Ditutup sejak 30 Maret 2020, hingga kini Pelabuhan Loktuan belum dibuka untuk kapal penumpang. Pertimbangannya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bontang Kamilan saat dihubungi redaksi kitamudamedia.com menyebut, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan KSOP, Pelindo, dan Tim Gugus Covid-19, perihal waktu pas untuk dibukanya kembali aktivitas kapal penumpang di Pelabuhan Loktuan. Adapun semenjak dibatasi, aktivitas di pelabuhan hanya sebatas bongkar muat barang.

“Pekan ini kami akan kembali rapat, karena Dishub tidak bisa memutuskan sendiri,” ungkapnya.

Kamilan mengatakan, pihaknya mengusulkan kapal penumpang dapat kembali beroperasi pada awal tahun 2021. Namun, dengan memperhatikan sejumlah aturan. Semisal, penumpang kapal dibatasi hanya setengah dari jumlah kapasitas. Begitu pun dengan protokol kesehatan, bahkan calon penumpang juga wajib rapid tes.

“Kalau kami sih usulkan Januari, tapi nanti dari hasil rapat akan kami sampaikan ke pimpinan wilayah, dia yang memutuskan nantinya,” ujarnya.

Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Bontang Adi Permana mengatakan, rencana dibukanya kembali kapal penumpang harus dipertimbangkan. Mengingat, Epidemiologi melihat saat ini kasus Covid-19 sudah memasuki gelombang ketiga. Termasuk di Bontang, kasus terkonfirmasi tidak kunjung reda. Dari data Tim Gugus, hingga Senin (14/12/2020) terdapat 1.522 kasus terkonfirmasi positif, 29 diantaranya meninggal dunia. Sementara yang telah sembuh sebanyak 1.318 orang. Menurutnya, dalam sepekan ini, Bontang mengalami peningkatan kasus.

“Jika memang khawatirnya lebih banyak, ya lebih baik ditunda dulu untuk rencana kapal penumpang. Tetapi kita lihat nanti, hasil diskusinya bagaimana,” tandasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply