Catatan Redaksi Kaleidoskop 2020

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Tak terasa, sebentar lagi, tahun 2020 akan berakhir. Beragam peristiwa terjadi di Bontang. Salah satunya pandemi corona, sampai sengitnya kontestasi Pilkada Bontang yang melahirkan pemimpin baru.

Berikut kitamudamedia.com merangkum peristiwa pilihan di tahun 2020.

Heboh, Ribuan Ikan Naik ke Permukaan Dermaga Prakla (Januari)

Sebuah video viral di media sosial, Minggu (12/1/2020). Warga di sekitar Dermaga Prakla Berbas Pantai heboh dengan naiknya ikan-ikan dari lautan ke permukaan. Fenomena langka ini membuat warga berebutan mengambil ikan-ikan yang berlompatan ke daratan. Ikan-ikan tersebut mulai naik ke pelataran kayu sejak air mulai pasang sekitar pukul 18.00 Wita.

Diduga Berada di Area Blind Spot, Pria 54 Tahun Terlindas Trailer hingga Tewas (Februari)

Kecelakaan lalu lintas menewaskan Wy (54) Warga Kelurahan Api-Api Bontang Utara, Minggu (2/2/2020) sekira pukul 11.00 Wita di Jalan Bhayangkara. Wy terlindas roda truk trailer. Ia mengalami luka parah di bagian tangan dan kepala, hingga akhirnya meninggal dunia di lokasi kejadian.

Dua Pasien Positif Covid – 19 di Bontang, Warga Bontang dan Kutim (Maret)

Dua Pasien yang saat ini berada di ruang isolasi RSUD Taman Husada Bontang positif corona. Satu merupakan Warga Bontang, dan satu lagi merupakan Warga Kutim. Hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Bontang, saat konferensi pers di rumah jabatannya, (23/3/2020).

Pasien Pertama Covid-19 Bontang Dinyatakan Sembuh (April)

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster KPU, dinyatakan sembuh. Hasil ini didapat dari pemeriksaan yang telah dilakukan sebanyak dua kali, dengan hasil negatif. Kesembuhan pasien 01BTG ini pun merubah status Bontang menjadi zero Covid-19.

Sumur Warga Tanjung Laut Mengandung Pertamax (Mei)

Baca Juga  Dandi Tertangkap, 9 Dari 18 Saksi Berpotensi Tersangka

Sumur milik Suartini, warga RT 23 Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, tercemar Bahan Bakar Minyak (BBM) mirip pertamax. Cairan tersebut berwarna tosca dengan bau khas bahan bakar. Hal ini pun sempat viral di sosial media.

Belum Dibuka, Rombongan Istri Pejabat Malah Asik Liburan ke Beras Basah (Juni)

Peristiwa beberapa anak muda yang dihukum push up karena mengunjungi objek wisata Beras Basah (26/5/2020) di masa pandemi Covid-19 dan berstatus ditutup, rasanya masih lekat di ingatan. Namun, hal berbeda terjadi pada rombongan keluarga pejabat, Anggota DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar Kaltim, Rudy Mas’ud. Mereka asik berlibur ke pulau Beras Basah tanpa ada larangan.

Beredar video istri dan anak – anak, politikus Golkar tersebut yang berkunjung ke Pulau Beras Basah di masa pandemi. Padahal, seluruh tempat wisata hingga kini masih berstatus ditutup, termasuk Beras Basah. Video ini viral dan mendapat banyak hujatan dari netizen.

14 Tahun Hidup Bersama, Ambo Anggap Buaya Riska seperti Anak (Juli)

Tak lazim memang. Hewan buas bisa bersahabat dengan manusia. Seperti Ambo, warga Guntung, Bontang Utara yang sehari-harinya sangat akrab dengan seekor buaya jumbo berukuran 4 meter, yang belakangan ini viral di media sosial. Buaya tersebut diberi nama Riska, lantaran jenis kelaminnya betina.

14 tahun hidup berdampingan, buaya betina yang kini berusia 23 tahun, sudah dianggap bak anak sendiri oleh Ambo (50) dan istrinya. Hampir setiap hari, pria paruh baya itu memberi makan kepada reptil buas tersebut.

Upacara 17-an On The Road di Tengah Pandemi (Agustus)

Meski di tengah pandemi, namun semangat nasionalisme di Bontang tak luntur sedikit pun. Lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh ratusan orang di jalan mengiringi langkah purna paskibra yang bertugas membawa bendera. Disambut oleh petugas dari Dinas Perhubungan, polisi, TNI, hingga Satpol PP, dan seluruh masyarakat yang berdiri tegak sambil memberikan penghormatan.

Baca Juga  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN)

Gelaran upacara di jalan raya ini memang baru pertama kali di gelar di Kota Taman. Walau hanya beberapa menit, namun berjalan dengan sangat khidmat dan haru. Panasnya terik matahari diabaikan. Tetapi, protokol kesehatan tetap dikedepankan.

Tersinggung Dihina Fisik Usai ‘Ngamar’ Pria Muda Bunuh Sang Pacar (September)

Nyawa Ma (41) melayang di tangan kekasihnya, Hr (30) Warga Loktuan Bontang Utara. Impian untuk menikah pun sirna. Hr yang kini telah diringkus polisi, tersulut emosi lantaran dihina, hingga tega menganiaya perempuan 3 anak tersebut secara membabi buta. Tersangka pun sempat kabur usai membunuh kekasihnya.

Positif Covid-19, Adi Darma Meninggal Dunia (Oktober)

Mantan Wali Kota Bontang Adi Darma dikabarkan meninggal dunia, Kamis (1/10/2020) sekira pukul 11.40 Wita di RSUD Taman Husada Bontang. Kabar ini ramai di media sosial. Doa dan ucapan mengalir deras bagi calon Wali Kota Bontang tersebut. 

Adi Darma diketahui terpapar Covid-19. Ia dirawar di rumah sakit sejak 23 September lalu. Dinas Kesehatan pun kemudian merilis hasil uji swab almarhum, Kamis (24/9) lalu. 

Kena Flu Burung, 230 Hewan Unggas di Bontang Mati (November)

Di tengah pandemi, wabah flu burung justru merebak di Kota Taman. Dari laporan yang diterima Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang, hingga Selasa (17/11/2020) sebanyak 230 hewan unggas jenis ayam milik Warga Bontang mati mendadak.

Basri-Najirah Menangi Pilkada Bontang (Desember)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang mengumumkan pasangan nomor urut 1, Basri Rase dan Najirah memenangkan Pilkada Bontang. Hal ini diumumkan dalam rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota, Rabu (16/12/2020).

Pasangan nomor urut 01 memperoleh suara 45.164 sementara rivalnya pasangan nomor urut 02 mengantongi 40.792. Selisih 4.372 suara. Adapun jumlah surat suara yang digunakan 87.550, terinci surat suara sah 85.956 dan tidak sah 1.594.

Baca Juga  Menko Airlangga: NIB bagi 3,2 juta pelaku usaha terbit melalui OSS

Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply