Bersitegang dengan Petugas, Pedagang Pasar Tolak Tutup Sore

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Sejumlah pedagang Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin) menolak kebijakan penutupan pasar tradisional saat akhir pekan seperti yang dilakukan dua pekan lalu.

Sempat terjadi ketegangan antara petugas dengan pedagang saat akan menutup pasar, Sabtu sore (20/02/2021). Adu mulut terjadi, pedagang tegas menolak. 

Salah seorang pedagang, Mini mengungkapkan bahwa para pedagang menolak penutupan pasar, karena setelah penutupan di dua pekan lalu mereka banyak mengalami kerugian, sementara  pelanggan jadi berbelanja di sepanjang jalan KS.Tubun, Bontang.

“Kami menolak pasar di tutup, tapi seandainya yang di pinggir jalan juga tutup kami siap juga untuk tutup,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tamrin Nurdin mengatakan sejumlah pedagang menolak penutupan dikarenakan mereka merasa dirugikan dan tidak adanya keadilan dengan adanya kebijakan ini. Menurutnya pedagang pakaian dan sembako yang baru buka di jam 8.00 pagi dan harus tutup di jam 12.00 siang akhirnya waktu jualan mereka jadi tidak efektif.

“Pedagang tidak mau tutup soalnya mereka merasa dirugikan dan tidak adil karena disepanjang jalan masih pada jualan, kasian kan penjual yang baru buka di jam 8.00 yang cuma jualan 4 jam, dapat apa mereka,” ungkap Nurdin saat di hubungi redaksi kitamudamedia.com, sabtu (20/12/2020) Siang.

Sejatinya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melalui Surat Edaran Wali Kota Bontang, nomor : 188.65/190/Dinkes/2021 masih harus diterapkan. Salah Satu pointnya mengatur jam operasional pasar tradisional setiap Sabtu – Minggu hanya sampai pukul 12.00 Wita. 

Kasubag TU, UPT Pasar, Abdul Malik saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya telah menutup pagar pasar dari pukul 12.30 Wita, tapi karena pedagang diluar tetap berjualan akhirnya pedagang pasar membuka sendiri pagar, kemudian Satpol PP datang untuk kembali melakukan penutupan, tapi tidak berhasil. 

Baca Juga  Tingkatkan SDM, Disnaker Teken MoU dengan 5 LPK di Bontang

“Satpam pasar tadi sudah tutup pagar pasar dari jam 12.30 Wita tapi karna pedagang yang di luar tetap buka akhirnya pedagang pasar Tamrin buka pagar dan saat Satpol PP datang untuk tutup pasar pedagang meminta tetap buka pasar karena menurut mereka tidak sesuai dengan rapat di Pendopo,yang semua harus tutup, “jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, pasar tetap buka, aktivitas jual beli di pasar Taman Rawa Indah tetap berlangsung. Petugas Satpol memilih meninggalkan lokasi pasar. 

Reporter : Lia

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply