Peringatan HPSN, Bontang Raih Penghargaan Kota Peduli Sampah

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pemerintah Kota Bontang mengikuti peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) secara virtual, Senin (22/02/2021) di ruang command center gedung 3D.

Dalam acara yang dihadiri langsung, menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya, Kota Bontang mendapatkan penghargaan penghargaan  Kota Peduli Sampah. Bontang berhasil meraih predikat tersebut bersama 13 Kabupaten Kota Lainnya se Indonesia.

Piagam penghargaan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang , Basri Rase secara virtual. Predikat Kota Peduli Sampah tersebut dipastikan Basri Rase akan menjadi pemicu semangat pemerintah kota bersama masyarakat untuk meminimalisir penggunaan sampah.

 “ Apresiasi yang diberikan Kementerian LHK tadi, akan jadi penyemangat kita. Kedepan sampah akan kita kelola dengan baik, sampah bukan lagi sampah tapi jadi sumber pendapatan yang baru untuk warga,” ungkapnya.

Ditambahkan Heru Triatmojo, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang , penghargaan ini membuat DLH  dan masyarakat termotivasi  untuk lebih peduli terhadap sampah. Salah satu yang sudah diterapkan yakni himbauan penggunaan kantong plastik di toko atau swalayan.

“ Jadi motivasi untuk DLH dan masyarakat, agar lebih peduli dengan sampah. Di Bontang sendiri tersedia bank sampah di setiap Kelurahan,”jelas Heru.

Hari Peduli Sampah Nasional, diperingati setiap tanggal 21 Februari dan tahun ini mengusung tema Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi.

Reporter : Aldi 

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply