PPKM Akhir Pekan Tak Berjalan Optimal, Basri : Corona Itu Nyata!

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pemberlakukan PPKM khususnya di akhir pekan berbeda dari hari lainnya. Sabtu dan Minggu (20-21/2/2021) kemarin PPKM nampaknya tidak berjalan optimal.

Dari pantauan redaksi kitamudamedia.com yang terjadi di lapangan pekan kemarin (20-21/02/2021) semua pedagang tetap buka seperti biasa dengan pelayanan makan di tempat dan pasar tradisional pun buka hingga sore hari.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase saat dikonfirmasi mengatakan saat ini pihaknya belum melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan stakeholder. Meski begitu, ditambahkan Basri pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 4 M , Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari kerumunan. 

“ Kita belum ada koordinasi dengan forkopimda, karena kan kebijakan PPKM tidak dari pemerintah saja, ada stakeholder juga yang terlibat, namun kita tetap menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin 4M, karena corona ini memang ada dan nyata jadi harus patuh protokol kesehatan,” paparnya.

Basri menegaskan, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 sehingga perlu dipahami bersama.
“Pemerinta tidak ingin masyarakat kita terjangkit, sehingga PPKM itu salah satu cara antisipasi penyebaran virus corona, PPKM diterapkan bukan untuk menghalang – halangi aktivitas masyarakat,” ungkapnya.

Seharusnya jika merujuk Surat Edaran, Wali Kota Bontang  nomor  188.65/190/ DINKES/2021 tentang perpanjangan kedua atas PPKM untuk pengendalian corona virus, beberapa isinya mengatur jam operasional pasar tradisional dan para pelaku usaha setiap akhir pekan. Diantaranya pasar hanya boleh buka hingga pukul 12.00 Wita, pelaku usaha kuliner hanya boleh melayani pesan antar dan take away, sementara toko dan swalayan hanya diizinkan buka hingga pukul 20.00 Wita. Namun pada kenyataannya akhir pekan kemarin semua aktivitas warga seolah berjalan normal. (Redaksi KMM)

Baca Juga  Melihat Kembali Sejarah Hari Lahir Pancasila

Editor : Kartika A

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply