Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Viral Video Hiu Muncul Di Lautan Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Media sosial (Medsos) kembali ramai dengan kabarnya munculnya hiu di lautan Bontang, sekitar pulau Beras Basah, Jumat (28/05/2021). Dari video yang beredar hiu tersebut mirip jenis Rhincodon typus atau lebih dikenal dengan sebutan hiu paus. Khas dengan motif tutul. 

Nampak beberapa nelayan, heboh melihat kemunculan salah satu jenis ikan terbesar tersebut. Hiu paus itu terlihat tenang sembari menerima makanan yang dilempar oleh para nelayan. Bahkan salah seorang sempat berkomentar jinak. 

“Anteng gaes, pausnya jinak,” terangnya. 

Dari berbagai sumber artikel yang dihimpun, Rhincodon typus dipanggil dengan sebutan hiu paus karena ia memiliki beberapa kesamaan dengan paus, karena ukurannya yang besar sehingga membuatnya lebih mirip paus.

Salah satu hiu paus terbesar yang pernah diukur manusia memiliki panjang lebih dari 12 meter. Namun, rata-rata hiu paus tumbuh sekitar 5,5 – 10 meter dan memiliki berat badan 20,6 ton. Beratnya itu hampir sama dengan bus sekolah. 

Meski badannya besar, hiu paus bukanlah pemangsa tingkat atas dalam rangkai makanan, seperti hiu putih besar atau paus pembunuh.

Hiu paus suka tinggal di perairan yang hangat sehingga hiu ini banyak ditemukan di perairan laut tropis, seperti Indonesia. 

Reporter : Iqbal Tawakkal

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Tokoh Pers Jakob Oetama Meninggal Dunia

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply