Intip Cara Budidaya Ikan Cupang dengan Berbagai Corak Menawan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Belakangan, ikan cupang menjadi primadona bagi pecinta ikan hias. Saat ini banyak sekali yang ingin memeliharanya, bahkan mengoleksi dan membudidayakan ikan cupang.

Seperti halnya Chandra, salah seorang pecinta dan pembudidaya ikan cupang mengungkapkan awalnya dia hanya sekedar iseng membeli ikan cupang yang dia sukai. Lama kelamaan terpesona dengan berbagai jenis dan motif dari ikan bertubuh mungil tersebut.

“Awalnya beli satu-satu, mana yang disuka ya di beli,” ujarnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com, Sabtu (12/6/2021).

Dari pengalamannya merawat cupang, ada beberapa tips membudidayakan yang bisa anda coba di rumah,

Berikut cara ternak dan budidaya ikan cupang :

1. Pilih Induk Ikan Cupang

Langkah pertama saat, budidaya ikan cupang di rumah ialah memilih indukan ikan cupang. Kita harus memastikan bahwa indukan betina dan jantan sudah siap dikawinkan.

Untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina, ada ciri khasnya sendiri yakni ikan cupang jantan punya sirip melebar, ekor yang mengembang, tubuhnya lebih besar, lincah, dan warnanya cerah. Sedangkan ikan cupang betina sirip dan ekornya pendek, tubuhnya kecil, bergerak lambat dan warnanya kusam.

Perlu diketahui bahwa sekali kawin, ikan cupang bisa menetaskan 1000 telur. Telur tersebut akan menetas dalam 24 jam.

Dan dari 1000 telur hanya 30-50 ikan yang berhasil bertahan hidup. Induk jantan ikan cupang bisa dikawinkan sebanyak 8 kali dalam waktu 2-3 minggu. Sedangkan indukan betina hanya dapat dikawinkan 1 kali saja.

Pembudidayaan ikan cupang

2. Persiapan Budidaya Ikan Cupang

Selanjutnya, masuk pada tahap persiapan budidaya ikan cupang atau proses pemijahan. Pada proses ini, anda harus menyiapkan tempat atau wadah.

Selain itu, siapkan gelas plastik untuk ikan cupang betina. Sediakan juga tumbuhan air seperti kiambang.

Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan saat budidaya ikan cupang di rumah:

Masukkan ikan cupang jantan ke dalam wadah selama 1 hari. Hal ini dilakukan karena ikan cupang jantan akan membuat gelembung udara yang berguna untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi.

Keluarkan anak induk betina dari wadah sesegera mungkin setelah proses pemijahan. Sebab, ikan jantanlah yang bertanggung jawab membesarkan anak-anak ikan tersebut.

Lebih lanjut, Hadi yang juga salah seorang pecinta cupang mengungkapkan dirinya sudah mengenal cupang sudah sedari kecil. Menurutnya dulu cupang belum beragam,
namun berbeda dengan saat ini, bisa dikawinkan silang untuk menghasilkan warna yang menarik.

“Kalau dulu itu hanya satu macam warna dan belinya pun di pasar itu untuk di adu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini jenis cupang yang memiliki nilai jual tinggi adalah avatar dan iron man.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply