Pasar Tamrin Bontang Masuk Nominasi Pasar Tradisional Standar Nasional Indonesia

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin) Bontang tercatat masuk nominasi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) dari 10 pasar yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Sub Bagian TU UPT Pasar, M Kamil mengatakan pasar Tamrin masuk kriteria dan saat ini masih dalam proses penilaian oleh pusat. Namun dari hasil audit kedua, pihaknya masih harus menyesuaikan 32 indikator yang harus dipenuhi.

“Dari 32 indikator ada beberapa yang sulit disesuaikan dan yang utama itu zonasi. Zonasi ini ada tiga kelompok yakni kelompok kering, kelompok khusus (gilingan kelapa dan daging) yang tidak bisa bercampur dengan yang lain dan kelompok basah,” ungkapnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com, Kamis (27/01/2022).

Selain itu, lantai basah serta tergenang air juga masuk dalam syarat penilaian utama. Namun, hal tersebut nampaknya sulit diperbaiki, lantaran terkendala biaya.

“Kemarin sudah kita coba tambal, tidak sampai 24 jam rusak lagi. Butuh biaya untuk renovasi agar bagus,” jelasnya.

Dikatakan Kamil, dirinya optimis 85 persen bisa memenuhi pasar standar SNI pasalnya pasar Tamrin merupakan salah satu pasar yang memenuhi persyaratan dari segi sarana dan prasarana. Meskipun teknis dan pengelolaan masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

“Harus tetap optimis, meskipun banyak yang harus diperbaiki,” tandasnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Kenaikan Harga BBM Bebani Rakyat Samarinda

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply