50 Peserta Pendidikan Kesetaraan Paket B Mengikuti ANBK di Sanggar Kegiatan Belajar Berbasis online.

KITAMUDAMEDIA,Bontang– Pendidikan Kesetaraan Paket B/ Setara SMP melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022. Sebanyak 50 peserta serius mengerjakan ANBK berbasis online di Sanggar Kegiatan Belajar, Bontang, Senin (19/09/2022).

Ketua Panitia Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Hairul Salleh mengatakan pelaksanaan ANBK Kesetaraan Paket B/ setara SMP sama dengan sekolah formal.

“Untuk sekolah formal dan pendidikan kesetaraan itu sama saja tidak ada bedanya. Pelaksanaanya sama saja berlangsung selama dua hari,”ucapnya.

Hairul menjelaskan Hari pertama pelaksanaan ANBK Paket B ada penilaian untuk literasi dan survey karakter, di hari kedua ada numerasi dan survey lingkungan belajar.

“Pembelajarannya sama aja tidak ada ada bedanya,”jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan ANBK sebelumnya dilaksanakan untuk Paket C pada 29 s/d 30 Agustus 2022. Maka, di September ini dilaksanakan kembali untuk Paket B selama dua hari tanggal 19 s/d 20 September 2022, untuk pembelajarannya literasi, numerasi, survey karakter dan survey lingkungan sekolah.

“Total paket c sekira 45 murid, tapi ada beberapa yang tidak hadir. Sebenarnya ada susulan bagi yang tidak hadir sesuai jadwal, akan tetapi kalau dari pusat kalau memang sudah tidak bisa diusahakan lagi tidak masalah sebenarnya. Kalau paket B ini ada 50 murid,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan jika partisipasi peserta didik kurang dari 50% maka dianggap tidak melaksanakan ANBK. Jadi, yang peserta harus lebih dari separuh.

“Terpenting yang mengikuti 50% itu sudah mencukupi dan dianggap laksanakan ANBK,”tuturnya.

Dijelaskannya, setiap peserta mendapat soalnya berbeda-beda. Mungkin tipe soalnya sama. Akan tetapi, urutan soalnya saja yang berbeda.

“Jadi, sistemnya bertahap misalnya 1 soal menjawab benar nanti nya akan otomatis ke soal yang lebih sulit, tapi kalau jawabnya dari awal sudah salah bakalan muncul soal yang lebih mudah dan biasanya lebih sedikit dibanding yang bisa menjawab soal-soal tersebut,”pungkasnya.

Baca Juga  Soal Pembagian Kuota Siswa, Abdul Haris : Negeri Gemuk Swasta Kurus

Reporter : Amel
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply