Jokowi Luncurkan Metaverse IKN “Jagat Nusantara”

KITAMUDAMEDIA – Presiden Joko Widodo meluncurkan metaverse yang terhubung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahiim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara,” kata Jokowi.

Peluncuran itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio.

Setelah tombol ditekan, layar yang berada di atas panggung lalu menampilkan video yang menggambarkan avatar Jokowi beraktivitas di metaverse IKN, mulai dari berolahraga hingga tampil di konser musik.

Dikutip dari siaran pers, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, serta interaksi lainnya secara imersif melalui telepon genggam dan web.

Dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam dunia virtual pada hari ini. Rasanya ini adalah inisiatif yang pertama di dunia,” ujar Wishnutama.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengatakan, Jagat adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan.

Ia menyebutkan, Jagat juga diharapkan dapat menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil.

“Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokonisasi lahan. Bayangkan jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di IKN,” kata Wishnutama.(Kompas)

Editor : Redaksi KMM

Baca Juga  Tes Narkoba Acak di THM, Polisi Tahan 1 Orang yang Diduga Pengguna Sabu

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply