Hari Gizi Nasional ke 63, Puskesmas Bontang Barat Gelar Lomba Masak Menu Gizi Seimbang

KITAMUDAMEDIA, Bontang– Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke 63 yang jatuh pada tanggal (25/01/23) Puskesmas Bontang Barat mengadakan lomba memasak menu makanan gizi seimbang dengan bertemakan “Gigiku Sehat, Makanku Tinggi Protein” pada Jumat (17/02/23), Di BPU Kecamatan Bontang Barat.

Kepala Puskesmas Bontang Barat, Dr. Muhammad Irzal Wijaya, mengatakan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang untuk kehidupan yang lebih baik perlu dilakukan, salah satunya melalui makanan sehat dan bergizi.

“Kegiatan hari ini adalah peringatan hari gizi ke 63 dan launching program kolaborasi PT. KPI, Dinas kesehatan melalui puskesmas bontang barat PKK, dan Kecamatan, serta kelurahan yang kami beri nama “KolaKPIsang “ucap Irzal kepada redaksi kitamudamedia.com Jum’at (17/02).

Lanjut, Irzal kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui makanan apa saja yang mengandung nilai gizi protein tinggi. Salah satunya adalah berasal dari daun singkong/ubi, daun pakis, telur ayam dan ikan lele.

“Tujuannya kita lakukan pemberdayaan masyarakat untuk menyediakan pangan yang sehat dengan bahan – bahan yang ada di sekitar kita yang mengandung nilai gizi protein tinggi Bahan – bahannya yaitu daun singkong, daun pakis, telur ayam, dan ikan lele. Bahan – bahan ini juga ada dan banyak disekitar lingkungan kita,”ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program Pemerintah Kota Bontang dalam mengatasi stunting, dengan pemberian makanan tambahan, Selain gizi buruk, faktor lain penyebab Stunting adalah pernikahan di bawah 18 tahun.

“Dengan bahan – bahan tersebut jika diolah dapat penuhi kebutuhan protein pada anak balita, kebutuhan protein ibu hamil sehingga dapat diberikan untuk penanganan anak yang berpotensi stunting dan pencegahan untuk terjadinya stunting. Seperti yang diketahui bahwa masalah dasar stunting adalah ada pada asupan gizi termasuk kebutuhan protein yg tidak cukup,”katanya.

Baca Juga  Turis Asal India Kedapatan Curi Barang dari Vila di Bali

Perlombaan diikuti 17 tim yakni dari para ibu kader posyandu, kader PKK Kelurahan, dan kader PKK Kecamatan dengan kategori diantaranya menu anak usia 1,5 Tahun, menu Ibu Hamil, dan Usia Pralansia. Adapun kriteria nya antara lain Kecukupan kadar protein hewani dan protein nabati dan keamanan pangan, Inovasi dan kreativitas menu makanan, tekstur dan rasanya.

“Iya diperlombakan untuk lomba masak peserta sebanyak 17 tim yang terdiri dari ibu – ibu kader posyandu, kader PKK kelurahan, kader PKK kecamatan sekitar Kota bontang Kategorinya 1. Menu utk anak usia 1,5 tahun 2. Ibu hamil 3. Usia pralansia. Kriteria nya 1. kecukupan kadar protein hewani dan protein nabati dan keamanan pangan 2. Inovasi dan kreatifitas menu makanan 3. Tekstur dan rasa,”jelasnya.

Reporter: Amel
Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply