Pemanah Bontang Ikuti Kejuaraan Barebow Asean

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Kejuaraan panahan kelas barebow Asean di Malaysia pada 4-5 Maret lalu. Terdapat pemanah Bontang yang ikut serta dalam kontingen Indonesia di kejuaraan tersebut. Pelatih Panahan Bontang Misran HM membenarkannya.

“Elis Julianty yang merupakan atlet Bontang ikut bersama atlet barebow Indonesia,” terangnya.

Event ini memang bukan agenda dari PB Perpani. Tapi semua atlet bisa mengikuti kejuaraan ini dengan biaya mandiri. Ia pun menjelaskan jika ada bantuan dari Pemkot maka dirinya pun bersedia mengikuti. Status Elis masih merupakan atlet Bontang meski kini tinggal di Bogor.

“Jadi kalau ada kejuaraan yang Bontang ikut, dia akan ke sini,” sebutnya.

Meski demikian Elis gagal menyumbang satu medali pun bagi kontingen Indonesia. Namun perjuangannya perlu diapresiasi. Sekaligus untuk menambah jam terbang dengan bertanding di tingkat internasional. Sehingga ketika berlaga di tingkat regional ada yang bisa dipetik dalam keikutsertaan di ajang tersebut.

Kontingen barebow Indonesia di bawah pimpinan Head Coach Denny Decko berhasil menjadi kampium dan meraih juara umum di ajang Selangor Internasional Barebow Archery Championship 2023. Keberhasilan tersebut memberikan bukti bahwa divisi barebow Indonesia dapat menjadi andalan untuk menambah pundi-pundi medali dalam ajang internasional.

Denny mengatakan, keberhasilan kontingen barebow Indonesia menjadi juara umum berkat raihan empat medali emas, dari total 10 medali yang diraih Indonesia pada ajang tersebut. Medali emas itu disumbangkan di antaranya dari kategori beregu putra dan putri di kualifikasi berjarak 50 meter dan satu medali emas lainnya untuk individu putri. Kendati persiapannya tergolong mepet, cuma sekitar tiga hari pemusatan, raihan prestasi tersebut diperoleh berkat padatnya kompetisi barebow di Indonesia.
Para atlet terpilih yang mewakili Indonesia saat ini merupakan atlet berperingkat tiga besar untuk putra dan putri dalam ajang Gladi Barebow Panahan memperingati HUT Waroeng SS pada 19 – 24 Juli tahun lalu. Para juara kala itu, selain mendapatkan penghargaan dan hadiah, juga dijanjikan untuk mengikuti kompetisi barebow level ASEAN yang berlangsung di Selangor tersebut.

Seperti diketahui, ajang Selangor Internasional Barebow Archery Championship 2023 diikuti oleh delapan negara di ASEAN. Dari total 10 medali, Indonesia meraih 4 medali emas, 1 perak, 2 perunggu, dan 3 juara harapan satu. Tim barebow Waroeng SS menyumbang 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

“Ini kompetisi barebow tingkat ASEAN pertama kalinya. Kunci dari kemenangan kontingen Indonesia adalah jam terbang para atlet yang sudah sering menghadapi berbagai kompetisi barebow di Tanah Air. Hal ini tentu saja menjadi batu loncatan yang sangat baik bagi Indonesia untuk Sea Games 2025. Kami sangat berterima kasih kepada Waroeng SS dan PB Perpani yang telah mendukung dan memfasilitasi para atlet dan kontingen hingga bisa juara umum,” ujar dia.

Baca Juga  Umrah Diizinkan, Kemenag Bontang Minta Masyarakat Bersabar Tunggu Regulasinya

Reporter : Amel

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply