Libatkan KSM untuk Pungut Sampah, Segini Iuran yang Harus Warga Bayar

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Lurah Gunung Elai Sulistyo melakukan kerjasama antar Ketua RT bersama Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk pengambilan sampah di rumah warga. Diantaranya kawasan RT 08, RT 09, RT 42, RT 20, RT 12, RT 13, RT 14.

“Sekarang para RT bekerjasama dengan KSM untuk mengambil sampah di rumah – rumah warga dengan motor roda 3,”ucapnya saat dihubungi oleh redaksi kitamudamedia.com Kamis (16/03/2023).

Dikatakan, Sulistyo bahwa pengambilan sampah itu dengan catatan masyarakat membayarkan biaya operasionalnya sebesar 20 ribu rupiah.

Namun, tidak semua warga yang ikut program tersebut. Beberapa warga secara mandiri juga membuang sampah langsung ke TPS 3R.

“Rutin dilakukan pengambilan sampah di rumah warga itu, tapi dengan syarat biaya operasionalnya Rp 20 ribu untuk perbulannya,”katanya.

Sulistyo menjelaskan sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi kepada warga setempat masing-masing agar membuang sampah di TPS 3R terdekat.

“Kelurahan turut mensosialisasikan kepada warga setelah penarikan bak sampah yg di pinggir jalan. Kami sampaikan untuk membuang sampah di TPS 3R terdekat,” jelasnya.

Hal tersebut juga mendukung Pemerintah Kota Bontang agar ternilai sebagai kota yang bersih dan sehat.

“Kita harus mendukung program pemerintah, selagi itu baik dan berdampak juga bagi lingkungan setempat kenapa tidak,” tuturnya.

Ditambahkan, Sulistyo bahwa untuk petugas KSM terbagi-bagi di wilayah masing-masing, terdiri 1 wilayah dikerahkan 1 petugas.

“Masing-masing ada petugas tapi kalau wilayah RT nya berdekatan 1 petugas mengambil 3 RT paling banyak, kalau jauh 1 RT petugasnya ada 1,”tambahnya

Reporter: Amel
Editor: Kartika Anwar

Baca Juga  LKPJ Wali Kota Tahun 2020, Realisasi Capaian Menurun Dibanding 2019

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply