Klasemen Medali SEA Games 2023: Indonesia Ke-5, Tuan Rumah Memimpin

KITAMUDAMEDIA – Kontingen Indonesia untuk sementara menempati peringkat kelima klasemen medali SEA Games 2023 hingga Kamis (4/5/2023) malam WIB. Indonesia berada di bawah empat negara, termasuk Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023.

Kamboja memimpin klasemen medali SEA Games 2023 dengan koleksi lima medali emas dan empat perak. Dari lima medali emas yang telah dikumpulkan Kamboja, empat di antaranya datang dari cabang olahraga (cabor) kun bokator.

Kun bokator merupakan seni bela diri asli Kamboja yang baru kali pertama dipertandingkan pada SEA Games kali ini.

Kamboja selaku tuan rumah berhasil meraih empat medali emas dari nomor bokator bamboo shield form perseorangan putra, bokator spirit form perseorangan putra, bare hands form perseorangan putri, dan bokator spirit form perseorangan putri. Sementara itu, satu medali emas lain untuk Kamboja datang dari cabang olahraga jiu-jitsu.

Ketika Kamboja mendominasi cabor kun bokator, Indonesia mampu meraih sejumlah medali dari cabang serupa. Namun, Indonesia belum mampu meraih medali emas. Kontingen Merah Putih harus puas meraih enam medali dengan rincian satu perak dan lima perunggu

Raihan itulah yang kemudian mengantarkan Indonesia ke peringkat kelima klasemen medali SEA Games 2023 Kamboja. Adapun atlet Indonesia yang meraih medali perak di cabor kun bokator adalah Alfadhila Ramadhan. Dia meraih medali perak di nomor bokator spirit form perseorangan putra.

Sementara itu, kelima atlet Indonesia yang meraih medali perunggu di cabor kun bokator adalah Gema Nur Arifin (bamboo shield form putra), Dzaky Fadhlurrohman (bare hands form putra), Deslya Anggraini (bamboo shield form putri), Dwi Jayanti (bare hands form putri), dan Riana Oktavia (bokator spirit form putri).

Baca Juga  Akhirnya Grup WhatsApp Bisa Ditinggalkan Elegan Tanpa Jejak

Dalam persaingan klasemen medali SEA Games 2023, Indonesia unggul atas Myanmar dan Vietnam yang secara berurutan menempati peringkat keenam serta ketujuh. Myanmar menempati peringkat keenam dengan koleksi satu perak dan tiga perunggu.

Lalu, Vietnam membayangi di peringkat ketujuh dengan raihan tiga perunggu. Sejauh ini, ada empat negara yang belum meraih medali dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Keempat negara yang dimaksud adalah Brunei, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.

No Kontigen Emas Perak Perunggu Total
1 Cambodia 5 4 0 9
2 Philippines 2 2 3 7
3 Thailad 1 1 1 3
4 Laos 1 0 3 4
5 Indonesia 0 1 5 6
6 Myanmar 0 1 3 4
7 Vietnam 0 0 3 3
8 Brunai Darussalam 0 0 0 0
9 Malaysia 0 0 0 0
10 Singapore 0 0 0 0
11 Timor Leste 0 0 0 0

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply