Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Bendera Indonesia Terbalik: Dulu Malaysia, Sekarang Kamboja Berulah

KITAMUDAMEDIA – Insiden bendera Indonesia terbalik tak hanya terjadi di SEA Games 2023 di Kamboja. Pada edisi 2017, Malaysia juga pernah bikin ulah.

Momen bendera Indonesia terbalik terjadi pada pra upacara pembukaan SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5).

Dikutip dari Antara, momen tersebut terjadi saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023, termasuk Indonesia.

Ironisnya, para penari yang membawa bendera Indonesia semuanya dalam posisi terbalik, menjadi putih-merah seperti bendera Polandia. Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut atas kejadian tersebut.

Kejadian bendera Indonesia terbalik bukan kali pertama terjadi pada pesta olahraga terbesar dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

Kasus serupa terjadi pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Bedanya insiden tersebut terjadi dalam buku panduan kegiatan yang dibagikan kepada tamu undangan

Di halaman 80 dalam buku tersebut, ada bendera negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games, termasuk Indonesia. Yang jadi masalah, bendera Indonesia yang seharusnya merah putih, tercetak putih merah.

Kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Kala itu, Menpora Imam Nachrawi yang hadir langsung di lokasi langsung bereaksi. Ia juga mengirimkan surat protes secara resmi kepada penyelenggara.

Insiden bendera terbaik memang hanya terjadi di Pra Pembukaan atau sebelum acara puncak upacara pembukaan SEA Games 2023 secara resmi berlangsung pukul 19:00 WIB. Namun, momen tersebut kadung viral dan mendapat protes keras dari warga Indonesia. (CNN)

Editor : Redaksi 

Baca Juga  Santunan Kematian di Stop Per 2 Juni 2021, Agus Haris Minta Kebijakan Wali Kota

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply