Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di TTG 2023 Diserbu Warga

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Hari terakhir (13/02023) gelaran Innovation Week Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2023, diisi dengan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kota Bontang itu menarik perhatian warga. Terlihat banyak warga rela antre untuk memeriksa kesehatannya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi para peserta, tamu undangan, serta masyarakat sekitar.

Warga yang mendaftar hanya perlu menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan berusia diatas 15 tahun. Pelayanan dilakukan gabungan dari Puskesmas Bontang Utara 1, Public Safety Center (PSC), dan saka Bakti Husada (Satuan Karya Pramuka) Kota Bontang.

Ada berbagai macam tes kesehatan yang dilakukan, antaranya memeriksa tinggi badan, berat badan, dan pengukuran lingkaran perut yang termasuk indikator status gizi. Untuk bisa mengetahui apakah status gizinya normal, kurang gizi, atau obesitas.

Dilakukan juga pemeriksaan skrining hipertensi. Skrining hipertensi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Ilham selaku Koordinator Penyakit Tidak Menular, Dinas Kesehatan Kota Bontang mengatakan bahwa pengukuran tensimeter diatas 140/90 mengalami kategori hipertensi. “Jika ditemukan beberapa kasus itu akan langsung diarahkan buat pemeriksaan lebih lanjut di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),” ungkapnya.

Selain itu, ada juga pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol. Pemeriksaan bisa langsung didapatkan hasilnya.

Reporter : Dwi S
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Dua Bakal Paslon Mulai Ikuti Pemeriksaan Kesehatan, Hari Ini Tes Swab

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply