Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN Dibangun Tahun Ini

KITAMUDAMEDIA – Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dibangun pada tahun ini. Ini merupakan upaya Otorita IKN (OIKN) dalam menangani masalah persampahan di ibu kota baru tersebut.

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pagu anggaran TPST 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN adalah Rp 463,1 miliar.

Setelah melalui proses tender, PT Brantas Abipraya (Persero) ditetapkan menjadi pemenang tender dengan harga penawaran sebesar Rp 456 miliar.

Selain itu, Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN sedang menyiapkan penyusunan sejumlah kebijakan, seperti Rancangan Peraturan Kepala mengenai Pengelolaan Sampah, Pedoman Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, serta Pedoman Bank Sampah dan Pedoman Pengelolaan Sampah Konstruksi.

“Selain kebijakan itu juga dilakukan sosialisasi gaya hidup minim sampah di IKN, utamanya di lokasi konstruksi,” ungkap Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna A. Safitri dalam keterangan resminya.

Menurut Deputi Myrna, persoalan persampahan bukan semata urusan kebijakan dan teknologi, tetapi juga persoalan gaya hidup yang harus berubah, dimulai dari individu, keluarga, lingkungan kantor dan masyarakat.

“Setiap orang yang beraktivitas dan berkunjung ke IKN perlu mengubah cara pandang terhadap perilakunya. Sedapat mungkin mengurangi produksi sampah dan mendorong daur ulang,” imbuh Myrna. Di sisi lain, pada Januari 2023 lalu juga telah diterbitkan Surat Edaran Kepala OIKN untuk pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan pada masa konstruksi.

“Surat edaran ini meminta penanggung jawab proyek konstruksi menaati seluruh kewajiban lingkungan, mengutamakan pencegahan dan kehati-hatian,” tandas Myrna.(kompas)

Editor : Redaksi KMM


Baca Juga  Harga Bawang Merah Terus Menurun, Rp 45 Ribu Per Kg

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply