Apresiasi Peran Imam dan Marbot, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Manfaat Zakat Senilai Rp 235 Juta

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Optimalkan pendistribusian zakat untuk memberi manfaat terhadap pembinaan umat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Kaltim melalui program Khusyu Beramal, salurkan bantuan bagi imam dan marbot Masjid serta Musalla di Kota Bontang.

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, mengungkapkan untuk periode Januari – September 2023, program Khusyu Beramal yang telah merealisasikan bantuan di 50 Masjid serta Musalla di Kota Bontang, dengan total realisasi Rp238 Juta. 

Bantuan ini sebagai bentuk apresiasi bagi imam dan marbot yang telah memberikan pelayanan bagi umat, sehingga tempat ibadah semakin makmur melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan. 

“Bantuan menyasar masjid dan musalla di 15 Kelurahan Kota Bontang, dengan nominal masing-masing Rp5 Juta untuk tiap Masjid, serta Rp3 Juta bagi Musalla. Penyaluran bantuan dilaksanakan secara bertahap setiap bulan ke tiap lokasi yang disasar,” terang Nur Sahid, Jumat (8/9/2023). 

Dijelaskan Nur Sahid, imam dan marbot memiliki peranan penting sebagai garda terdepan dalam setiap aktivitas keislaman di masjid maupun musalla. Tidak hanya terkait ibadah harian, tapi juga pembinaan umat melalui berbagai kajian dalam menjaga ketahanan akidah serta moral di masyarakat. 

Hal ini yang mendasari UPZ Pupuk Kaltim memberikan bantuan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian yang diberikan, sehingga masjid dan musalla di Kota Bontang semakin makmur sebagai sarana rumah ibadah sekaligus sarana aktivitas keislaman oleh umat. 

“Peran imam dan marbot sangat penting, karena mereka yang melaksanakan hingga mengurus kegiatan operasional masjid maupun musalla untuk menjaga kenyamanan ibadah para jamaah. Maka dari itu UPZ Pupuk Kaltim memberikan apresiasi melalui program Khusyu Beramal ini,” lanjut Nur Sahid. 

Dirinya berharap bantuan ini bisa menjadi suntikan semangat dan motivasi bagi para imam serta marbot di Kota Bontang, agar terus meningkatkan pelayanan bagi umat dalam memakmurkan masjid serta musalla. Utamanya dalam menghadirkan sarana yang nyaman bagi jemaah setiap harinya. 

Baca Juga  Kasus Pelecehan Seksual oleh Oknum Pimpinan Ponpes Masuk Tahap Penyidikan

“Kami harap bantuan UPZ Pupuk Kaltim ini bermanfaat dan semakin memotivasi imam serta marbot memaksimalkan peran masing-masing dalam mendukung ibadah dan aktivitas keislaman di masyarakat,” tandas Nur Sahid. 

Melihat manfaat yang diberikan, program Khusyu Beramal ini pun akan terus dilaksanakan UPZ Pupuk Kaltim sebagai salah satu bentuk pendayagunaan zakat bagi masyarakat di Kota Bontang. Begitu pula dengan program lainnya, akan terus digulirkan sesuai Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat, serta UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat. 

“UPZ Pupuk Kaltim akan terus berupaya maksimal menyalurkan dana zakat sesuai sasaran, dengan evaluasi dan peningkatan program secara berkesinambungan,” pungkas Nur Sahid.

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply