Relokasi Buaya Guntung Dihalangi Oknum, Warga Sepakat Libatkan Kepolisian

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Upaya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk merelokasi 3 buaya yang kerap muncul di permukiman Guntung, akan dilanjutkan kembali, meski pekan lalu sempat dihadang oknum warga.

Lurah Guntung Denny Febrian mengatakan, pihaknya telah melakukan rembuk bersama, organisasi masyarakat (ormas), ketua RT, dan beberapa warga Guntung untuk membahas gagalnya relokasi buaya yang diakibatkan ada oknum yang menghalangi.

“Kita cari solusi terbaiknya seperti apa, kita undang juga oknum yang menghalangi BKSDA kemarin, tetapi mereka tidak bisa hadir dengan alasan lagi sakit, ya kita juga tidak bisa memaksa,”ucapnya, Selasa (19/9/2023).

Ia juga mengatakan, hasil dari rembuk tersebut, semua sepakat untuk melibatkan kepolisian dalam membantu tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk melanjutkan relokasi buaya yang kerap muncul di pemukiman warga.

“Kami akan segera bersurat kepada pihak Kepolisian, agar tim BKSDA segera melanjutkan kembali relokasi buaya, dan juga supaya tidak ada hal yang tidak diinginkan nantinya kita tidak melibatkan warga dalam pengawalan ini,”pungkasnya.

Salah satu warga Guntung menyampaikan, bahwa mereka setuju buaya yang ada di Guntung untuk cepat di relokasi.

“Kami warga setuju buaya di relokasi, dan kami ingin cepat dilaksanakan, karena jangan sampai muncul lagi korban-korban selanjutnya, dan kami setuju tidak ada masyarakat yang ikut mengawal, biar aparat kepolisian yang mengawal, nanti kalau masyarakat yang mengawal takutnya akan ada benturan antar warga,”ungkapnya.
Baca juga: https://www.kitamudamedia.com/2023/09/16/bksda-gagal-relokasi-buaya-guntung-ada-oknum-menghalangi/

Sebelumnya sudah sejak dari Kamis lalu kurang lebih 3 hari tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah melakukan penyusuran sungai Guntung untuk menangkap 3 buaya besar yang kerap muncul di pemukiman warga, tetapi relokasi gagal dilakukan karena ada oknum yang menghalangi proses relokasi.

Baca Juga  Dugaan Balikpapan Pakai Kafilah dari Luar Daerah, Begini Respon Bontang

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Suriawati Halim mengatakan, selama 3 hari tim melakukan pemantauan, apa yang sudah disepakati pada saat RDP beberapa hari lalu tidak semulus yang dibayangkan, pasalnya ada sekitar 2 oknum warga Guntung mencoba menghalangi dan keberatan dengan adanya penangkapan buaya.

“Jadi kami dihadang oleh 2 warga Guntung saat melakukan patroli sekitar jam 11.00 Wita dan sekitar pukul 23.30 Wita, kami sudah menjelaskan bahwa buaya yang akan kami relokasi tidak pilih-pilih, sesuai dengan kesepakatan pada saat Rdp, dan kami laporkan ke lurah kami diminta untuk tarik mundur saja dulu,” ucapnya.

Reporter : Yulia.C
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply