Kerjasama UMKM, Pemilik KIA Bisa Nikmati Kelebihan Ini

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Disdukcapil Bontang bekerja sama dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), memberi kemudahan bertransaksi bagi anak yang memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) dengan banyak manfaat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Catatan Sipil Budiman, bagi para pemilik KIA bisa mendapatkan diskon di berbagai UMKM yang bekerjasama dengan catatan sipil.

“Jadi KIA ini seperti KTP untuk anak dibawah umur 17 tahun, dan selain sebagai identitas KIA bisa bermanfaat saat mengunjungi UMKM karena akan mendapatkan berbagai diskon makanan, buku, dan banyak lagi,” ucapnya, Selasa (26/9/2023).

Ia juga mengatakan, dari 51.000 anak yang ada di Kota Bontang baru sekitar 37.000 anak yang memiliki kartu identitas anak (KIA).

Saat ini Disdukcapil bekerja sama dengan beberapa UMKM di Kota Bontang antara lain, Pizza HUT, Toko balita, Kenari Water Park, Mixue, Lembah Permai, Toko buku Aziz, Yasaka Fried chicken.

Ditempat yang sama Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, banyak manfaat dengan memiliki KIA, salah satunya saat ingin membuka rekening tabungan untuk anak, bisa menggunakan KIA.

“Banyak sekali manfaat dengan memiliki KIA, seperti bisa mendapatkan diskon dari UMKM yang sudah bekerja sama dengan Disdukcapil, anak yang mau berenang misalnya ini juga bisa di pakai di tempat wisata, lumayan kan kalau dapat diskon,” ungkapnya.

Selain itu dengan adanya KIA yang juga bekerja sama dengan OPD terkait, seperti Dinas Kesehatan, Kelurahan, dan semacamnya, hal ini akan membantu dalam memberi informasi angka kelahiran di Kota Bontang.

Basri juga meminta, agar Disdukcapil bisa menjemput bola, dengan bekerja sama dengan rumah sakit yang ada di Kota Bontang untuk dapat memberikan data setiap ada anak yang lahir. ” Jadi bisa langsung dibuatkan KIA, karena biasanya kalo ada anak yang lahir, orang tua datang hanya membawa berkas untuk pembuatan akta dan perubahan kartu keluarga saja,” ungkapnya.

Baca Juga  Muscab PPM Kota Bontang, Agus Haris Ajak Pemuda Bersatu

Sebagai informasi, Disdukcapil memiliki program yang dimana saat ada anak yang lahir di hari penting, seperti 17 Agustus, dan peringatan hari ulang tahun Kota Bontang, akan di buatkan langsung dari Disdukcapil, kartu keluarga, akta kelahiran, dan kartu identitas anak.

Reporter : Yulia.C
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply