Desa Martadinata Terima Dukungan Program CSR Dari Pertamina 

KITAMUDAMEDIA,KUTIM – Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan menerima dukungan program Corporate Social Reponsibility (CSR) dari perusahaan Pertamina, Selasa (5/12/2023).

Dukungan itu merupakan hasil kolaborasi Pemkab Kutim melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) bersama PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area.

Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan jika kegiatan ini sebagai implementasi dan realisasi mendukung program pangan pemerintah Indonesia.

Selain itu kata dia, sebagai terobosan baru demi keberlangsungan dalam mengangkat derajat dan kesejahteraan petani.

“Saya sangat apresiasi ini menjadi terobosan bagus dari sektor pertanian di Desa Martadinata dalam mendukung ketahanan pangan berkolaborasi dengan PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area dalam Pilot Project Tanaman Cabai 5 Hektare,” katanya.

Dikatakannya jika pihaknya juga komitmen dalam mengatasi krisis lahan pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong untuk menjadi lahan pertanian terpadu.

“Jadi ini konsep pertanian yang saling terintegrasi telah didesain sehingga pertanian di Desa Martadinata dapat memproduksi berbagai tanaman pangan,” ungkapnya.

“Untuk ke depan sinergi yang sudah ada bersama PT Pertamina bisa terus ditingkatkan sehingga membawa dampak positif yang lebih besar bagi petani di Kutim,” sambung Ardiansyah.

Pihaknya juga turut memberikan bantuan seperti bibit dan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (poktan) di Desa Martadinata seperti Cultivator untuk Poktan Semangka Jaya, Sumber Pangan, Cintai Damai dan Sempayang Jaya Dua.

“Kemudian pekarangan pangan lestari (P2L) dan madu kelulut untuk Poktan Semangka Jaya, Sahabat Jaya dan Bunga Mekar. Selanjutnya pengembangan cabai konsep kawasan untuk Poktan Buntu Batu,” sebutnya.

Sementara pengembangan kelengkeng kateki untuk Poktan Harapan Bersama, dilanjutkan pengembangan jahe gajah untuk Poktan Harapan Jaya, pengembangan sayuran untuk Poktan KWT Bunga Mekar, Maju Bersama dan Baji Ati.

Baca Juga  PAW Sepihak, Anggota DPRD Bontang Raking Gugat Partai Berkarya

“Kemudian pengembangan semangka untuk Poktan Semangka Jaya. Dilanjutkan bantuan alsintan traktor rotari untuk Poktan Buntu Batu. Mulsa untuk Poktan Sumber Pangan dan Sempayung Jaya Dua. Dan terakhir NPK mutiara untuk Poktan Tunas Lima” jelasnya..

Hadir dalam Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum, Pjs Manajer Area Pertamina Gas Operation Kalimantan Area Linna Irianti Sekretaris Desa Jumianti hingga jajaran Forkopimca. (Adv) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply