Wakil Bupati Kutim Buka Pendidikan Relawan PMI, Diberi Pelatihan Pertolongan Pertama hingga Tanggap Bencana

KITAMUDAMEDIA,KUTIM – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang membuka pendidikan SDM Relawan PMI di gedung BKPSDM Kutim. Kegiatan itu juga dihadiri Sekertaris PMI Kutim, yang juga Kepala Markas PMI Kutim, Wilhelmus Wio Doi, SE.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 11 hingga 20 Desember 2023. Pelatihan ini untuk mempersiapkan tenaga yang siap dalam penanganan kebencanaan dan pelayanan kemanusiaan.

“Materi yang diberikan meliputi, Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Siaga bencana, Perawatan Keluarga, Pendidikan Remaja Sebaya, Hukum Humaniter, Kepemimpinan, RFL (restoring Family link) dan lainya,” kata Kasmidi Bulang.

“Ini merupakan tanggung jawab PMI di semua tingkatan dalam membekali para relawan sebelum mereka ditugaskan sesuai amanat UU kepalang merahan no 1 tahun 2018, dan AD/ART serta Peraturan Orgamisasi,” sambungnya.

Kasmidi Bulang juga menjelaskan KSR adalah ujung tombak Palang Merah dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut. Ibarat Anak Panah dan PMI adalah Busurnya.

“Mengingat semakin hari Bumi semakin tua, tentu kita sebagai manusia wajib waspada atas kejadian yang bisa menyebabkan dan menimbulkan korban, hal ini membuat PMI terus melakukan pengembangan SDM dan penambahan Relawan secara kuantitas, sehingga mampu melayani apabila ada hal yang harus dilayani sesuai tupoksi PMI itu sendiri,” jelas Kasmidi Bulang.

Kegiatan ini melibatkan relawan PMI se-Kutim seperti dari Sangatta Utara, Bengalon, Rantau Pulung, Kaliorang dan Karangan.

Sementara dari unsur KSR (Korps Suka Rela) unit Perguruan Tinggi, STIPER dan STAI Sangatta, dan Relawan Markas.

“Mereka dilatih oleh para fasilitator bersertifikasi Nasional yang ada di PMI Provinsi Kaltim,”tandasnya. (Adv) 

Editor : Redaksi 

Baca Juga  Alami Luka Bakar 70 Persen, Korban Kebakaran Kampung Jawa Meninggal

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply