5 Cara Alternatif buat Dapat Manfaat Seperti Jalan 10 Ribu Langkah

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Manfaat jalan 10 ribu langkah memang beragam. Namun, jika tidak bisa sampai 10 ribu langkah, ada alternatif yang kurang lebih sama manfaatnya.

Konon, jika ingin tubuh sehat dan bugar, seseorang harus mendapatkan jalan 10 ribu langkah. Untuk mencapai target ini, Anda setidaknya perlu menyisihkan waktu sebanyak dua jam per hari.

Tak ada waktu? Fasilitas buat pejalan kaki yang kurang memadai? Anda tak perlu patah arang.

Berikut beberapa alternatif jalan 10 ribu langkah dengan manfaat kurang lebih serupa.

1. Pakai tangga

Naik lima anak tangga per hari bisa memiliki manfaat kesehatan serupa dengan jalan 10 ribu langkah per hari.

Riset di Inggris yang mengamati 450 ribu orang selama 12 tahun menemukan, menaiki tangga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung hampir 20 persen.

“Menaiki tangga dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat adalah cara yang efisien untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan profil lipid, terutama di antara mereka yang tidak dapat mencapai rekomendasi aktivitas fisik saat ini,” jelas Lu Qi, pakar obesitas di Tulane University, mengutip dari Daily Mail.

Menaiki tangga mendorong peningkatan detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan kesehatan jantung.

2. Jalan cepat

Studi yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine menemukan, olahraga singkat dapat memberikan manfaat kesehatan yang serius.

Seperti dikutip dari Best Life, peneliti menemukan melakukan gerakan intens selama 20-25 menit per hari seperti jalan cepat, joging, atau bersepeda bisa membantu orang hidup lebih lama.

3. Lari atau joging

Jalan kaki 10 ribu langkah bisa setara dengan lari atau joging sejauh 4 km (2,5 mil). Chauncey Graham, trainer profesional di Washington DC, AS mengatakan, latihan dengan intensitas lebih tinggi juga memberikan manfaat tambahan.

Baca Juga  Resmi Ditahan, Pelaku Pelecehan Santriwati di Bontang Lestari

Mengutip dari The Healthy, total 10 ribu langkah bisa lebih bermanfaat saat dipadukan dengan latihan dengan intensitas sedang atau tinggi. Coba ambil tiga ribu langkah dengan lebih cepat.

4. Kerja sambil berdiri

Para ahli berpendapat, bekerja menggunakan meja berdiri membantu meningkatkan jumlah langkah kaki.

Menurut para dokter di Midsouth Bariatrics di Tennessee, berinvestasi pada meja berdiri jadi cara terbaik untuk meningkatkan jumlah langkah tapi sambil tetap produktif.

Selain itu, meja berdiri juga memungkinkan postur tubuh lebih baik dan energi yang meningkat signifikan.

5. Jalan tujuh ribu langkah pun cukup

Ternyata, target 10 ribu langkah itu bukan angka mutlak. Studi jangka panjang yang diterbitkan di JAMA Network Open pada 2021 menemukan, setidaknya Anda jalan kaki sebanyak tujuh ribu langkah setiap hari.

Dalam riset, jalan kaki setidaknya tujuh ribu langkah kemungkinan 50 persen lebih kecil untuk meninggal pada tahun-tahun berikutnya.(CNNIndonesia) 

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply