Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Bakal Dioperasikan Agustus, Landasan Pacu Bandara IKN Mulai Diaspal

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ditargetkan dapat beroperasi 1 Agustus 2024. 

Lantas, sudah sampai mana progres pembangunannya? Untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai jadwal, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sampai dua kali meninjau langsung proyek Bandara IKN dalam sebulan yakni pada 3 Juni dan 21 Juni kemarin.

“Saya benar-benar ingin memastikan bahwa bandara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024, guna mendukung konektivitas di wilayah IKN, khususnya dalam rangka menyukseskan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/6/2024).

Berdasarkan pantauannya, Menhub menyebut pembangunan landasan pacu, gedung terminal bandara, dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya secara umum menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Jika dibandingkan dengan kondisi beberapa minggu lalu, perubahannya sudah terlihat jelas, terutama di bagian landas pacu dan gedung terminal,” ungkapnya.

Kemudian, saat ini landasan pacu Bandara IKN sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama, sehingga pada 1 Agustus 2024 nanti sudah bisa didarati oleh pesawat narrow body. “Namun demikian, Bandara IKN nantinya juga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar, seiring dengan penambahan lapisan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya,” kata Menhub.

Dia berharap kondisi cuaca di kawasan IKN selalu cerah dan minim hujan sehingga pembangunan Bandara IKN dapat lancar sehingga dapat diselesaikan tepat waktu. 

“Untuk diketahui bersama, wilayah Kalimantan Timur beberapa waktu belakangan kerap diguyur hujan. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, pembangunan sejumlah fasilitas bandara tentu jadi kurang optimal. Khususnya untuk landasan pacu, yang idealnya harus digarap dalam kondisi cuaca panas agar hasilnya bisa maksimal,” terangnya. 

Sebagai informasi, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-27 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan atap, elektrikal, dan pipa plumbing di terminal VVIP, pekerjaan struktur plat lantai 4, struktur office, pipa plumbing, hingga dinding di gedung ATC;  Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan Power House, hingga pekerjaan pilecap dan tie beam di gedung kargo.(kompas.com) 

Baca Juga  7 Fakta Kota Bontang, Salah Satu Kota Terkaya yang Jadi Calon Gas City

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply