Tingkatkan PHBS Warga, Produta Dialihkan Jadi Sarana Pencegahan Covid-19 di Bontang Kuala

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Bontang Kuala hingga kini menjadi satu-satunya kelurahan yang berada di zona hijau atau bebas dari penyebaran Covid-19. Selain ketat melakukan penjagaan terhadap keluar masuknya pengunjung di kawasan Bontang Kuala, utamanya perkampungan atas air, kelurahan ini juga melakukan sejumlah upaya preventif lainnya.

Terbaru, Kelurahan yang dikenal dengan tempat wisata andalannya ini mengalokasikan senilai Rp 15 juta dari dana produta setiap RT untuk pengadaan fasilitas pencegahan Covid-19.

Penyerahan alat dan bahan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni kepada perwakilan ketua RT. Diketahui, terdapat 20 RT di wilayah Bontang Kuala, 11 RT di perkampungan atas air, dan 9 RT di kawasan darat, dengan total penduduk berkisar 7 ribu lebih jiwa.

Menurut Lurah Bontang Kuala Rony Apriansyah, alat dan bahan yang dibagikan terdiri dari 60 unit wastafel atau tempat cuci tangan, 2 ribu liter cairan disinfektan, 5 ribu lembar masker kain, 60 bungkus sabun cuci tangan, dan 100 liter hand sanitizer.

“Semuanya dibagikan untuk 20 RT di Bontang Kuala,” ujarnya.

Menurutnya pengadaan ini juga merupakan hasil usulan warga melalui Program Produta. Kekhawatiran warga dengan penyebaran Covid-19 mendorong dilaksanakannya pengadaan sarana pencegahan corona di Bontang Kuala.

“Pemerintah kota memfasilitasi usulan warga melalui program Produta. Semoga dengan adanya ini, warga bisa meningkatkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.


Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Banjir Tiba-tiba Terjang Tembalang Semarang, Warga Naik ke Atap Rumah

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply