Jangan Coba-Coba Melanggar Lalu Lintas di Balikpapan, Tilang Elektronik Sudah Siap Dioperasikan

KITAMUDAMEDIA, Balikpapan – Jangan coba-coba berkendaraan di Balikpapan dengan tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Karena mulai bulan depan, electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan mulai berlaku di kota ini. Dengan begitu, hampir tidak ada celah bagi para pelanggar lalu lintas untuk lolos.

Selasa (23/3) kemarin, Polda Kaltim mengikuti launching ETLE yang digelar secara virtual. Dalam kegiatan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Raharjo meresmikan langsung penerapan ETLE di sejumlah daerah di Indonesia.

Ada 12 Polda yang wilayah hukumnya sudah menerapkan ETLE. Yakni, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur. Selain itu Polda Jambi, Polda Sumatera Utara  Polda Riau, Polda Banten, Polda DIY, Polda Lampung, Polda Sulawesi Selatan, serta Polda Sumatera Barat.

“Wilayah Polda Kaltim masuk di tahap kedua atau pada 28 April 2021 mendatang,” kata Kepala Polda Kaltim, Irjen Polisi Herry Rudolf Nahak, Rabu (24/3).

Disebutkan Herry, wilayah Polda Kaltim yang menerapkan ETLE adalah Balikpapan. Setelahnya, ETLE juga akan diterapkan di daerah-daerah besar lainnya di Kaltim. “Jadi tidak ada lagi tilang manual di jalan,” sebutnya.

Lebih lanjut, Herry menjelaskan, ETLE adalah sistem tilang kendaraan berbasis elektronik. Dengan adanya sistem ini akan membuat penegakan hukum lalu lintas menjadi lebih berkualitas. Karena ETLE disebut akan ‘menangkap’ semua para pelanggar lalu lintas dengan baik.

“Dan, pelanggarannya juga akan dibuktikan secara elektronik. Sehingga, jika ada yang komplain terkait pelanggarannya, maka diberikan bukti-buktinya yang akurat,” terang jenderal bintang dua itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata menambahkan, saat ini sudah terpasang enam kamera ETLE di tiga lokasi di Balikpapan. Sebagiannya dipasang di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. “Di jalan tersebut kami pasang di Lapangan Merdeka, simpang tiga Balikpapan Plaza, dan simpang tiga tugu beruang madu,” jelasnya.

Baca Juga  Komunitas Penjahit di Bontang Buat Ribuan Masker Kain, Gratis Bagi Tenaga Kesehatan

Saat ini, sambung dia, personelnya sedang mengikuti pelatihan menerapkan ETLE. Selain itu juga sedang melakukan sosialisasi penerapan ETLE kepada para pengendara di Balikpapan. Singgamata pun memastikan, ETLE akan siap beroperasi pada 28 April nanti.

“Mudah-mudahan pengguna jalan akan terbiasa dengan ini. Sehingga, secara bertahap, razia manual dan interaksi petugas kepada pengguna jalan akan kami kurangi,” tandasnya. 

Reporter : Adi

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply