Empat Masjid di Bontang yang Terapkan Konsep Ramah Anak

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kementerian agama (Kemenag) Kota Bontang telah menetapkan masjid ramah anak. Empat diantaranya masjid ramah anak, yakni masjid Al Hijrah, An Namirah, Asy Syuhada, dan Al Muhajirin.

Dikatakan Kepala Kemenag Bontang, M Izzat Sholihin saat dihubungi redaksi kitamudamedia.com, Kamis (19/5/2022), hal tersebut sebagai upaya mengenalkan dan mendekatkan anak dengan tempat ibadah. Dari 21 masjid yang sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) program Masjid Ramah Anak di tahun 2019 lalu dan hanya empat masjid yang menjalankan program tersebut.

“Prosesnya bertahap. Nantinya akan kita bimbing dan diarahkan jadi tidak serta merta setelah menerima SK dilepas begitu saja.,” ungkapnya.

Nantinya, pengurus masjid yang akan mengatur dan menyiapkan sarana dan prasarana, diantaranya ; menyediakan layanan informasi dan buku bacaan (pojok baca) bagi anak. Masjid dan lingkungan bebas asap rokok. Tersedia peralatan permainan edukatif dan papan nama masjid ramah anak. Menjadikan masjid sebagai tempat alternatif bagi anak-anak untuk kreatif inovatif dan kreatif

“Bagaimana anak-anak ini bisa menghargai orang yang sedang salat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan para takmir masjid bisa membuat kegiatan yang menarik dan jam operasional masjid jangan dibatasi, sehingga kapanpun anak-anak bisa mengeksplor dirinya saat berada di masjid.

“Jangan malah kita mengusir mereka, jangan sampai anak-anak menjadi takut untuk ke masjid,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu takmir masjid Asy Syuhada Ikbal Sultan sangat bersyukur dengan adanya program ramah anak ini banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan anak-anak di masjid. Diantaranya tempat bermain dan edukasi serta Wifi sebagai penunjang pembelajaran tugas sekolah.

“Alhamdulillah, kita sudah menerapkan. Seperti saat usai salat idul fitri beberapa waktu lalu kami menyiapkan parcel bagi anak-anak yang salatnya tertib,” kata Ikbal.

Baca Juga  Gempa Turkiye dan Suriah Sudah Tewaskan 3.823 Orang, Cuaca Dingin Hambat Penyelamatan

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply