Ratusan Orang Membeko Ala Bontang Kuala, Menyuguhkan 150 Makanan Khas

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Ratusan orang nampak menikmati sajian menu sarapan pagi khas ala perkampungan atas air Bontang Kuala (BK), Sabtu pagi (27/08/2022). Warga BK menyebutnya kegiatan membeko.

Setiap sajian disuguhkan menggunakan baki yang berisi berbagai jenis menu olahan Bontang Kuala (BK), salah satunya gammi bawis alias sambal ikan bawis.
Acara tersebut berlangsung dalam rangkaian Membeko Fest 2022 yang digelar di Anjungan Futsal Bontang Kuala.

Ketua Ikatan Wanita Asli Bontang (IWAB) Halimah HJ menyebutkan kegiatan ini sebagai tradisi, yaitu tradisi sarapan bersama secara lesehan sebelum memulai kegiatan atau rutinitas dengan ciri khas berbagai menu sarapan khas Bontang Kuala yang disajikan di atas baki bundar.

“ Membeko terdiri dari mem yang artinya menyuruh sedangkan beko adalah makan, membeko artinya orang tua kami dahulu menyuruh kami untuk sarapan agar badan bugar dan penuh energi sebelum beraktivitas agar kita menemukan ketenangan pikiran dan kedamaian hati karena membeko merupakan bentuk syukur dari Allah SWT atas pemberian rezeki, walaupun hanya sepotong roti atau sebiji ubi rebus. Ayo kita membeko agar pikiran, jiwa, dan raga kita selalu sehat, maknai harimu dan mulainya dengan membeko, “ ujar Halimah.

Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro mengatakan acara ini sebagai tradisi lokal yang harus terus dilestarikan. Ia juga menuturkan Bontang Kuala, baru saja menerima penghargaan anugerah desa wisata Indonesia, masuk 300 besar dari 3.419 desa wisata yang ada di Indonesia.

“ Latar belakang kegiatan ini yaitu untuk memperingati hari adat internasional, harapannya Bontang Kuala akan menjadi tempat pilihan sehingga wisatawan yang berkunjung menjadikan Bontang sebagai tujuan utama dan alhamdulillah Bontang Kuala menerima penghargaan anugerah desa wisata Indonesia, masuk 300 besar, semoga kedepannya Bontang Kuala bisa masuk di 100 besar, “ katanya.

Baca Juga  Musrenbang Bontang Kuala, Fokus Penanganan Banjir Rob

Kegiatan ini dihadadiri oleh, Wali Kota Bontang, Wakil Walikota, Kadis Dispopar, Anggota DPRD, Lurah dan Camat se-Kota Bontang serta warga Bontang.

Walikota Bontang, Basri Rase mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, selain bisa menjalin ajang silaturahmi , membeko fest juga menjadi ciri khas Kota Bontang untuk mengenalkan kebiasaan adat serta kuliner khas Kota Bontang.

“ Bontang harus memperhatikan cita rasa sehingga cita rasa tetap terjaga, itu lah yang menjadi ciri khas kita bersama, contohnya gammi bawis, biarpun sudah banyak terjual di kota-kota besar, untuk citarasanya di Kota Bontang harus tetap jadi yang terbaik, harapannya itulah yang menjadi kuliner unggulan khas Bontang bersama makanan-makanan yang khas Bontang, ” ucap Basri Rase saat sambutan. Sabtu (27/08/2022)

Diketahui, Membeko Fest menyuguhkan 150 jenis makanan khas Bontang Kuala, 8 diantaranya makanan khas dan 1 makanan pendamping yang tersusun rapi diatas 45 Baki/nampan bundar.

Reporter : Octa Fadillah
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply