Anggaran Fantastis, Pembelian Fasilitas MRI RSUD Taman Husada Senilai Rp 20 Miliar di Akhir Tahun

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Penambahan fasilitas layanan kesehatan terus dilakukan oleh direksi dan manajemen RSUD Taman Husada. Pada akhir tahun ini rencana penambahan akan direalisasikan. Bentuknya ialah pengadaan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Direktur RSUD Taman Husada dr Suhardi menyebut pengadaan itu berasal dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Masuk di postur APBD Perubahan.

“Kami akan beli MRI di akhir tahun ini senilai Rp 20 miliar,” terangnya, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Pengadaan ini diyakini akan bermanfaat bagi pasien. Sebab selama ini pemeriksaan demikian harus menuju Samarinda terlebih dahulu. Sehingga pasien tidak perlu jauh-jauh untuk memeriksakan diri. Nantinya fasilitas akan ditempatkan di lantai dasar bangunan utama rumah sakit plat merah ini.

“Jadi nanti setelah poliklinik rawat jalan pindah ke bangunan baru maka akan ditempati salah satunya untuk pemeriksaan MRI,” sebutnya.

Saat ini fasilitas pemeriksaan kesehatan lainnya yang dimiliki RSUD Taman Husada ialah CT-scan. Pengadaan alat ini dilakukan 2018 silam. Dengan nominal anggaran kala itu mencapai Rp 13 miliar. MRI merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai alat bantu diagnosis untuk dokter.

MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendi, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya. Pemeriksaan MRI membutuhkan bantuan zat pewarna khusus yang disuntikkan melalui pembuluh darah, untuk membantu meningkatkan ketepatan gambar, sebagai hasil dari pemeriksaan.

Pemeriksaan organ tubuh melalui prosedur MRI sering dianggap sebagai cara yang lebih aman. Sebab, berbeda dengan foto rontgen atau CT scan, pemeriksaan dengan MRI tidak memancarkan radiasi sehingga cukup aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun.(Redaksi)

Baca Juga  Kostum Dayak Kalimantan Jadi Terunik di FR Borobudur Marathon 2022

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply